Ini Dia 5 Cara Mengelola Gaji Pertama Sobat!

4 May 2021 • By heppi

Gaji pertama yang Sobat terima selalu istimewa. Setelah bertahun-tahun menghabiskan uang orang tua, tibalah hari dalam kehidupan dewasa saat Sobat melihat kata-kata ajaib “Gaji Anda Telah Dikreditkan” untuk pertama kalinya di ponsel Sobat.

Saat pertama kali mendapatkan gaji, banyak orang telah membuat daftar produk yang ingin dibeli atau hal-hal yang ingin dilakukan pada hari sebelumnya. Karena saat gaji pertama diterima mereka dapat segera melakukan pembelian yang telah direncanakan.

Cara mengelola gaji pertama
5 Cara mengelola gaji pertama (Sumber: Freepik)

Membelanjakan gaji pertama untuk membeli produk-produk kesukaan atau produk yang telah lama diincar memang baik, tapi ada banyak hal yang perlu Sobat ketahui dan lakukan sebelum membelanjakan seluruh gaji pertama Sobat.

Agar Sobat tidak bingung saat melihat gaji pertama Sobat tiba-tiba habis tidak bersisa dan bertanya “kemana perginya gaji pertama ku?” berikut ada 5 cara mengelola gaji pertama yang perlu Sobat ketahui.

5 Cara mengelola gaji pertama

Melakukan penganggaran

Melakukan penganggaran atau budgeting adalah hal pertama yang perlu Sobat lakukan setelah mendapatkan gaji pertama. Dalam menentukan anggaran, akan sangat baik jika Sobat mulai menganggarkan hal-hal yang menjadi prioritas, seperti kebutuhan dibandingkan dengan menganggarkan hal-hal yang bersifat keingingan.

Melakukan budgeting akan membantu Sobat untuk tetap berada dalam batas yang sewajarnya saat melakukan pengeluaran dan juga membuat Sobat mengetahui bagaimana sebenarnya posisi keuangan Sobat. Budgeting juga akan memaksa Sobat untuk membuat pos tabungan dan investasi.

Warren Buffet mengatakan bahwa jangan menabung dengan jumlah uang yang tersisa setelah pengeluaran, tapi untuk membiayai pengeluaran, gunakanlah dari hasil sisa uang yang ditabung terlebih dahulu.

Lunasi hutang

Hidup tanpa hutang adalah salah satu cara untuk memiliki hidup yang damai. Untuk itu, jika Sobat sebelumnya memiliki hutang ataupun cicilan, segera alokasikan dana untuk membayar hutang dan cicilan setelah mendapatkan gaji pertama Sobat.

Dengan segera melunasi hutang akan memastikan Sobat tidak membayar lebih banyak di belakang nanti. Selain itu, jika Sobat tidak segera membayar hutang, maka hutang dan cicilan tersebut akan mengurangi kekayaan bersih yang Sobat miliki.

Miliki tabungan darurat

Jika Sobat sering mendengar nasihat bahwa kita harus “sedia payung sebelum hujan”, maka sekarang adalah praktik nyatanya.

Karena seringkali hidup membuat Sobat berhadapan dengan situasi yang menyebalkan dan di luar rencana, Sobat perlu memiliki tabungan darurat yang selalu dapat Sobat andalkan.

Karena mungkin Sobat akan menemui masalah yang kecil, tapi akan membuat Sobat tidak nyaman seperti perlu mengeluarkan biaya service motor karena motor Sobat mogok atau malah harus mengeluarkan biaya medis karena Sobat tiba-tiba jatuh sakit.  

Jika Sobat memiliki tabungan untuk mengatasi krisis seperti itu, Sobat tidak perlu mengalami stress atau bahkan harus berhutang untk membayar biaya tak terduga ini.

Mulai berinvestasi

Sobat mungkin menganggap gaji pertama Sobat terlalu kecil atau berpikir bahwa Sobat terlalu muda untuk benar-benar melakukan investasi. Namun, Sobat perlu tau bahwa setiap rupiah yang diinvestasikan dengan benar dapat melipatgandakan uang dalam jangka panjang.

Semakin cepat Sobat mulai berinvestasi, semakin baik. 5 tahun ke depan, Sobat akan berterima kasih pada diri sendiri ketika Sobat menghitung semua hasil dari investasi, dan tentu saja semua tabungan yang dapat Sobat andalkan untuk masa depan.

Membeli produk atau jasa yang Sobat inginkan

Tas bermerek, sneakers, laptop baru, iPhone baru, atau bahkan liburan keluar negeri, setelah Sobat mengatur anggaran gaji, sekarang saatnya Sobat memberikan penghargaan kepada diri Sobat sendiri.

Saat-saat dimana Sobat melewati gerai-gerai produk favorit, atau saat melihat pameran tavel dan Sobat hanya berpikir “Nanti akan ku beli produk ini setelah aku berpenghasilan” sudah di depan mata. Sobat sekarang bisa membeli produk dan melakukan hal-hal yang sebelumnya hanya ada dalam daftar keinginan.

Menerima gaji pertama memang akan selalu menjadi momen istimewa dan menjadi tanda bahwa Sobat telah memasuki kehidupan dewasa serta memberikan Sobat kesempatan untuk melakukan banyak hal.

Namun, hal ini bukan berarti Sobat dapat membeli produk apapun tanpa perhitungan yang baik yang berakibat tidak baik pada kesehatan finansial. Dengan memberikan awalan yang baik dengan mengelola gaji pertama secara bijak tentunya akan membantu Sobat di masa depan dan masa sekarang.

Selain itu, pengelolaan keuangan yang baik juga merupakan bentuk representasi diri Sobat sendiri. Pengelolaan keuangan yang baik berati Sobat dapat mengatur kehidupan Sobat dengan baik, dan begitu pula sebaliknya.

Nah, itu dia 5 cara mengelola gaji pertama yang dapat Sobat lakukan segera setelah mendapatkan gaji pertama Sobat. Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel terbaru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya