5 Ide Bisnis dengan Modal Minim untuk Pelajar

30 April 2021 • By heppi

Untuk Sobat yang saat ini masih pelajar, khususnya SMP atau SMA pasti ada saat-saat dimana ingin memiliki penghasilan sendiri karena uang saku yang diberi oleh orang tua tidak mencukupi untuk kebutuhan seperti membeli barang yang diinginkan atau untuk hang out bersama teman.

Ditambah, untuk pelajar SMP atau SMA juga masih belum bisa bekerja secara fulltime pada pekerjaan formal yang terikat dengan instansi atau perusahaan karena umur yang belum mencukupu serta tanggungjawab untuk sekolah.

Bisnis dengan modal minim
5 ide bisnis dengan modal minim untuk pelajar (Sumber: Freepik)

Namun, jangan putus asa dulu. Mungkin Sobat belum bisa bekerja pada perkaan-pekerjaan formal, tapi ada banyak sekali pekerjaan informal yang dapat Sobat lakukan tanpa harus melepaskan tanggungjawab sekolah dan dapat dikerjaan ketika tanggungjawab belajar Sobat telah selesai. Apa itu? Bisnis.

Mungkin Sobat berpikir bahwa untuk membuka suatu bisnis, Sobat membutuhkan banyak modal dalam artian uang. Pada faktanya, saat ini ada banyak ide bisnis yang dapat coba Sobat lakukan tanpa sama sekali membutuhkan modal uang. Apa saja ide bisnisnya? Berikut 5 ide bisnis dengan modal minim khusus untuk pelajar.

5 ide bisnis tanpa membutuhkan modal untuk pelajar

Guru les

Ide bisnis yang mudah untuk pelajar adalah menjadi tutor akademis. Setiap orang memiliki keterampilan lebih pada mata pelajaran tertentu. Jadi jika Sobat ahli dalam matematika, sains, menulis, atau bahasa, Sobat dapat menawarkan skill Sobat kepada teman atau orang lain yang mungkin kesulitan dalam mata pelajaran tersebut.

Sobat juga dapat menjadi tutor untuk persiapan tes harian, semester, bahkan hingga tes masuk ke perguruan tinggi. Dengan ide bisnis ini, Sobat tidak perlu modal uang sama sekali. Sobat hanya perlu ketrampilan dalam mata pelajaran dan menawarkannya ke teman atau orang lain yang membutuhkan tutor akademis.

Menjual kerajinan tangan

Jika Sobat merupakan orang yang artistik yang memiliki keahlian desain, menjahit ataupun membuat sesuatu, Sobat dapat menekuninya dan menghasilkan uang dari ketrampilan tersebut.

Sobat dapat membuat stiker untuk HP ataupun laptop, menjual tote bag atau baju dengan motif sulam.

Blogger

Dengan sedikit pengetahuan teknologi, keterampilan menulis, dan kesukaan dengan topik tertentu, Sobat dapat menghasilkan uang tambahan dengan menjadi blogger.

Namun, perlu diingat bahwa ide bisnis ini akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menghasilkan keuntungan. Pertama, karena Sobat perlu memperkenalkan blog Sobat kepada publik agar mendapatkan pembaca yang banyak dan proses ini membutuhkan waktu.

Selain itu, Sobat juga harus konsisten untuk terus mengunggah tulisan Sobat di blog dengan jadwal yang telah Sobat tetapkan. Konsistensi untuk menulispun tidak mudah dan perlu usaha. Sobat perlu banyak membaca untuk dapat menghasilkan tulisan yang bagus dan memperkaya sudut pandang.

Dropshipper produk

Jika Sobat yang masih pelajar sedang mencari ide bisnis, menjadi dropshipper tidak bisa dilewatkan. Sobat dapat menghasilkan uang tambahan tanpa mengeluarkan modal sama sekali.

Sobat hanya perlu memutuskan produk apa yang ingin Sobat jual, menawarkan kepada orang sekitar, dan ketika ada orderan yang masuk, Sobat hanya perlu menghubungi supplier dan memberikan informasi alamat konsumen Sobat. Setelah itu pengiriman produk akan ditangani oleh supplier.

Social media influencer

Seperti yang diketahui sebagian besar remaja, ada banyak selebritas di luar sana yang menghasilkan uang dengan membicarakan produk di platform media sosial mereka. Pekerjaan ini masih sangat baru dan dikenal sebagai influencer media sosial.

Untuk menjadi influencer, yang perlu Sobat pikirkan adalah bagaimana personal branding dan topik atau niche yang akan Sobat bawakan di platform media sosial. Karena ada banyak personal branding yang dapat Sobat bawakan, maka buatlah personal branding yang sesuai dengan minat Sobat.

Sobat dapat membahas mengenai buku, finansial, skincare, make up bahkan kehidupan sekolah Sobat. Selain itu, satu hal yang perlu diingat adalah bahwa jika Sobat memutuskan untuk menjadi influencer, maka jadilah influencer yang membawa pengaruh positif kepada audiens Sobat.

Itu dia 5 ide bisnis dengan modal minim untuk pelajar yang ingin mendapatkan uang saku tambahan. Jika ada diantara ide bisnis di atas yang Sobat minati, jangan terlalu banyak berpikir, tapi langsung mulai langkah pertama Sobat.

Semakin cepat Sobat memulai, maka semakin cepat Sobat mendapatkan hasil yang ingin Sobat capai.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya