5+ Tips Mengambil Foto Menarik untuk Sosial Media Bisnis Sobat

28 April 2021 • By heppi

Pemasaran di media sosial telah menjadi bagian integral dari menjalankan bisnis. Namun, konten foto apa yang harus diunggah bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena media sosial adalah media visual, foto yang Sobat posting dapat secara drastis memengaruhi persepsi konsumen terhadap bisnis Sobat.

Untuk itu,  mempelajari 7 tips mengambil foto menarik untuk bisnis Sobat dapat menjadi investasi yang baik agar bisnis Sobat dapat semakin berkembang.

Tips mengambil foto menarik
5+ Tips mengambil foto menarik (Sumber: Freepik)

Pentingnya foto pada sosial media

Mayoritas konsumen menghabiskan rata-rata tiga jam per hari di media sosial. Meskipun sebagian besar waktu dihabiskan untuk memposting foto pribadi/selfie, me-retweet selebriti, dan menonton video, tapi 54% pengguna juga menggunakan platform media sosial untuk melihat-lihat produk dan berinteraksi dengan brand favorit mereka.

Jadi jika Sobat jarang mengunggah konten baru di platform media sosial, maka Sobat beresiko kehilangan calon pelanggan.

Karena saluran media sosial merupakan wajah dari bisnis Sobat, konten foto di akun media sosial Sobat harus menggambarkan produk, layanan, dan brand Sobat secara keseluruhan dengan sebaik mungkin.

Ketika foto yang diunggah memiliki kualitas yang baik dan menarik, maka konsumen juga akan beranggapan bahwa produk ataupun jasa yang Sobat tawarkan memiliki kualitas yang baik. Sebaliknya, jika feed sosial media Sobat berisi foto yang memiliki resolusi gambar rendah serta tidak menarik, maka konsumen juga akan beranggapan bahwa produk ataupun jasa yang Sobat jual memiliki kualitas yang buruk.

Konten foto memang sebegitu pentingnya untuk bisnis Sobat jika Sobat memasarkan bisnis pada platform media sosial apapun yang Sobat pilih. Untuk itu, berikut 7 tips yang dapat Sobat lakukan agar mendapatkan hasil foto yang bagus dan menarik yang dapat diunggah di media sosial bisnis.

5+ Tips mengambil foto menarik

Fokus pada pencahayaan

Salah satu tips mengambil foto menarik paling umum yang diberikan fotografer adalah selalu memperhatikan pencahayaan. Cahaya alami sangat ideal, dibandingkan dengan ruangan dengan cahaya redup atau pencahayaan fluorescent yang keras.

Selain itu, Sobat direkomendasikan untuk mengambil foto di pagi hari atau selama golden hour (jam emas) sekitar pukul 3-4.30 sore untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Bermainlah dengan angle

Bermainlah dengan berbagai sudut atau angle untuk mendapatkan perspektif unik pada foto Sobat. Hal ini akan memungkinkan Sobat mendapatkan foto produk yang terbaik sekaligus menampilkan nilai dari produk.

Jangan hanya memfoto produk pada angle yang sesuai dengan ketinggian mata. Coba bidik produk dengan tiarap di tanah, ataupun dari sisi atas. Dengan ini Sobat akan mendapatkan foto yang menarik konsumen untuk lebih lama melihat foto produk.

Pilih background foto dengan bijak

Background foto hampir sama pentingnya dengan subjek foto itu sendiri. Background yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan foto yang bagus.

Jika Sobat ingin foto bisnis menjadi estetik namun tetap ingin produknya yang menjadi fokus utama, maka pilihlah background putih atau background yang minimalis untuk menambah kualitas foto.

Tentukan tema untuk foto bisnis Sobat

Konsumen menyukai konsistensi, jadi pilihlah filter, tone atau tema yang sesuai dengan brand Sobat dan pertahankan. Hal ini sangat penting untuk foto di Instagram, karena konsumen akan melihat beberapa foto sekaligus saat mereka membuka profil bisnis Sobat.

Dengan memiliki filter, warna serta tema yang konsisten, maka Sobat sebenarnya juga sedang membangun identitas bisnis Sobat dan membantu konsumen untuk terhubung dengan bisnis.

Foto harus merepresentasikan target konsumen

Akun media sosial adalah perpanjangan dari bisnis Sobat, dan foto di dalamnya juga harus mewakili brand Sobat. Jadi saat Sobat akan mengunggah foto produk, pastikan foto produk Sobat relevan dengan target konsumen yang telah ditetapkan.

Contohnya, jika Sobat memiliki bisnis yang khusus menjual baju hamil, pastikan foto produk sedang dipakai oleh wanita hamil. Dengan begitu konsumen merasa percaya dan relate dengan produk yang Sobat jual.

Ambil beberapa foto dan variasi.

Untuk mendapatkan foto terbaik foto produk dalam sekali bidikan merupakan kemungkinan yang sangat kecil. Untuk itu, ambil foto produk dalam beberapa bidikan dengan berbagai variasi. Seperti mengubah pencahayaan, angle atau sudut, dan fokus produk.

Hal ini akan memberi Sobat beberapa opsi untuk foto terbaik yang akan diunggah. Selain itu juga dapat memberi Sobat berbagai foto untuk dipilih jika Sobat menjalankan kampanye media sosial di berbagai platform dan menginginkan citra yang sedikit berbeda agar cocok dengan setiap profil dan audiens.

Gunakan crop daripada zoom

Satu kesalahan yang dilakukan banyak orang saat mengambil foto adalah melakukan zooming. Memperbesar sebuah foto sering kali akan menurunkan kualitas dan kejernihan gambar. Lebih baik jika hasil foto produk Sobat ternyata memiliki background yang mengurangi fokus terhadap produk, crop saja foto produknya dibanding dengan memperbesar foto produk untuk menghilangkan backgroundnya.

Foto produk sangat penting untuk membangun ketertarikan konsumen terhadap produk yang Sobat tawarkan. Karena media sosial merupakan medium visual, maka persepsi konsumen terhadap produk Sobat juga akan sangat dipengaruhi oleh kualitas konten foto yang Sobat unggah.

Untuk itu, mengalokasikan waktu serta tenaga untuk menghasilkan hasil foto terbaik merupakan investasi jangka panjang yang perlu Sobat lakukan untuk kelangsungan bisnis Sobat.

Jika Sobat menyukai artikel ini dan tidak ingin ketinggalan artikel terbaru terkait bisnis ataupun tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya

Enable Notifications    OK No thanks