Harus Tahu! 5 Tips Terhindar dari Dehidrasi Selama Bulan Puasa

23 April 2021 • By heppi

Apakah Sobat tau bahwa haus adalah tanda dehidrasi? Jika Sobat menganggap bahwa haus adalah hal yang biasa, sebenarnya jika Sobat merasa haus, Sobat sudah mengalami dehidrasi. Untuk itu, agar terhindar dari dehidrasi Sobat perlu mengetahui hal-hal yang menyebabkan dehidrasi dan bagaimana cara menanggulanginya.

Tips terhindar dari dehidrasi
5 Tips terhindar dari dehidrasi (Sumber: Freepik)

Tentu saja, saat puasa Ramadhan, minum air putih bukanlah pilihan. Rasa haus sudah pasti menjadi teman Sobat selama hari-hari musim panas Ramadhan ini. Tetapi ada beberapa rahasia dan trik kecil yang dapat membantu Anda menghindari dehidrasi. Berikut adalh 5 tips terhindar dari dehidrasi selama bulan puasa.

5 Tips terhindar dari dehidrasi

Banyak minum air putih

Tips pertama untuk terhindar dari dehidrasi selama berpuasa adalah dengan mempersiapkan hari puasa Sobat dengan minum air yang cukup sepanjang malam. Dekatkan sebotol air pada malam hari, dan cobalah minum satu atau dua gelas setidaknya setiap jam.

Cara mudah untuk mengingat minum air adalah dengan memikirkan aktivitas sehari-hari yang dilakukan ketika tidak berpuasa. Dengan begitu kebutuhan air dalam tubuh tetap terpenuhi.

Cobalah minum dua liter sehari atau setidaknya delapan gelas perhari. Namun, jika Sobat juga banyak minum minuman manis atau kopi, maka Sobat perlu minum air putih lebih banyak lagi.

Makan makanan yang memiliki kadar air tinggi

Merencanakan makanan Sobat selama Ramadhan bisa menjadi pekerjaan yang berat, tetapi itulah mengapa makan makanan yang tepat untuk sahur dan buka puasa itu penting. Kabar baiknya adalah Sobat dapat membantu menghidrasi tubuh dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan airnya.

Buah-buahan dan sayuran seperti tomat, mentimun, sayuran berdaun hijau, dan semangka sangat cocok untuk hidangan buka puasa. Tapi bukan berarti Sobat harus makan salad setiap hari. Sobat tetap dapat mengolah sayur dan buah-buahan dan menjadikannya olahan lain. Seperti pizza ataupun kebab.

Makan kurma saat berbuka puasa

Kurma adalah buah yang sangat umum yang selalu Sobat lihat di rumah orang Muslim selama ramadhan. Tidak mengherankan mengapa, makan kurma adalah salah satu sunnah Nabi Muhammad (saw). Nabi sendiri makan 3 buah kurma saat berbuka puasa.

Tetapi jika Anda bertanya-tanya mengapa jutaan Muslim makan kurma untuk buka puasa, itu karena tinggi gula dan mineral yang terkandung di dalamnya. Kurma dapat memberi Sobat energi untuk membuat Sobat merasa segar kembali setelah puasa berjam-jam. Ini juga membantu kadar glukosa darah dalam tubuh kembali normal dengan lebih cepat. Namun yang terpenting, kandungan kalium yang tinggi dalam kurma membantu menjaga tingkat cairan tubuh Sobat, mencegah dehidrasi.

Pemilihan bahan dan warna pakaian

Berhati-hatilah saat memilih pakaian siang hari selama Ramadhan. Warna baju Sobat, bahan celana, dan lapisan pakaian semuanya memainkan peran penting dalam menjaga suhu tubuh serendah mungkin.

Jika Sobat bekerja di dalam ruangan, pilih kemeja berwarna terang. Jika sebagian besar hari Sobat dihabiskan di luar ruangan, warna yang lebih gelap akan membantu melindungi Sobat dari efek matahari. Namun, warna hitam tidak dianjurkan, karena cenderung menarik panas dan menguncinya di dalam pakaian.

Sobat dianjurkan untuk memilih bahan pakaian katun yang longgar sehingga ketika Sobat berkeringat, keringat akan segera menguap dan membuat Sobat tetap merasa segar.

Hindari minum kopi

Jika kopi adalah minuman pilihan Anda untuk mendapatkan minuman segar di hari-hari biasa, Sobat tidak sendirian! Tapi saat berpuasa, Sobat dianjurkan untuk mengurangi kopi atau bahkan jangan minum kopi.

Kafein akan membuat Sobat lebih sering buang air kecil, membuat Sobat kehilangan lebih banyak cairan di tubuh dan pada gilirannya menyebabkan dehidrasi. Bagi Sobat yang terbiasa mengonsumsi kafein sebelum memulai hari, mungkin akan sulit untuk tidak melakukannya pada awalnya karena Sobat akan cenderung mengalami sakit kepala atau merasa lelah.

Jika Sobat merasa membutuhkan minuman hangat di pagi hari untuk menyegarkan diri, Sobat dapat mengganti asupan kopi dengan minuman seperti teh herbal atau teh hijau.

Itu dia 5 tips terhindar dari dehidrasi selama bulan puasa yang dapat Sobat coba lakukan agar tetap segar dan produktif sepanjang hari.

Jika Sobat tidak ingin ketinggalan artikel baru terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya