5+ Ide Bisnis Kecil yang Dapat Sobat Mulai Segera di Tahun 2021

8 April 2021 • By heppi

Keinginan untuk membuka bisnis atau usaha pasti semakin tinggi dengan melihat situasi pandemi saat ini. Banyaknya PHK dan sulitnya mencari pekerjaan, membuat pilihan membuka bisnis bukan lagi menjadi pilihan paling akhir.

Tapi, keinginan membuka bisnis seringkali tidak terealisasi karena Sobat tidak menemukan ide bisnis yang cocok. Padahal sebenarnya, jika Sobat melihat dengan lebih jeli, lebih detail, banyak sekali ide bisnis yang dapat Sobat kembangkan. Untuk itu, berikut adalah 5+ ide bisnis kecil di tahun 2021 yang dapat Sobat mulai segera dan memiliki ruang untuk berkembang kedepannya.

5+ ide bisnis kecil
5+ ide bisnis kecil (Sumber: Freepik)

5+ Ide bisnis kecil yang dapat Sobat mulai segera

Jika Sobat berpikir untuk memulai bisnis pada tahun 2021, penting untuk mempertimbangkan kondisi normal yang baru. Pandemi COVID-19 telah banyak mengubah cara orang mengonsumsi produk dan layanan. Dan akan lebih baik jika ide bisnis Sobat dapat mendukung cara orang menjalani kehidupan mereka sekarang.

Masker wajah

Jika Sobat bisa menggunakan mesin jahit, salah satu ide bisnis yang dapat Sobat coba adalah menjual masker kain. Dengan kewajiban menggunakan masker di era new normal ini, maka bisnis masker kain akan sangat dicari.

Selain itu, dengan menjual masker kain yang dapat digunakan berkali-kali setelah dicuci, Sobat juga membantu mengurangi sampah masker sekali pakai.

Mainan dan game edukatif

Karena banyak sekolah tutup dan hanya terdapat jadwal kelas daring, siswa dan orang tua sama-sama berusaha menemukan cara alternatif untuk belajar berpikir kreatif dan analitis. Di sinilah wirausahawan kreatif dengan tujuan membantu pembelajaran dapat masuk dan mengisi celah dengan mainan dan permainan edukatif.

Karena anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar daripada sebelumnya, orang tua semakin membutuhkan cara lain dalam hal hiburan anak-anak mereka. Memulai bisnis dengan membuat dan menjual mainan fisik atau permainan dan aplikasi digital yang memungkinkan anak-anak belajar sambil bersenang-senang akan menjadi bisnis yang sukses.

Reseller

Bagi Sobat yang tertarik dengan pakaian dan/atau suka menjual mungkin dapat mempertimbangkan untuk memulai bisnis reseller. Meskipun membutuhkan banyak waktu dan dedikasi, ide bisnis ini dapat menjadi awal yang bagus untuk memulai bisnis skala kecil, yang nantinya dapat berkembang menjadi bisnis besar.

Menjadi reseller akan selalu menjadi ide yang bagus karena Sobat hanya membutuhkan modal kecil, dan untuk bisnis tertentu, Sobat tidak membutuhkan modal sama sekali. Yang Sobat perlukan hanyalah membuka akun bisnis pada platform media sosial ataupun memanfaatkan network yang Sobat miliki.

Professional organizer

Jika Sobat merupakan orang yang suka bersih-bersih atau menyukai keadaan ruangan yang tertata rapi, Sobat dapat mengembangkan hobi ini menjadi bisnis. Seperti Marie Kondo, seorang organizer terkenal dari jepang yang dengan hobinya berberes, dapat menghasilkan banyak uang.

Di zaman materialisme ini, banyak orang menjadi sangat konsumtif dengan membeli banyak barang hanya karena barang tersebut lucu. Keputusan pembelian barang tidak lagi didasari oleh kebutuhan. Oleh karena itu, banyak orang menjadi stress karena merasa diri mereka dikuasai oleh barang-barang yang mereka beli.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, konsep minimalis hadir dan menjadi populer. Jika Sobat orang yang sangat terorganisir yang suka membuat ruang berfungsi dan nyaman, Sobat mungkin pandai membimbing orang lain untuk melakukan hal yang sama. Orang akan membayar Sobat untuk membantu mereka merancang metode meminimalkan barang-barang mereka dan kemudian membuat ruangan menjadi lebih terorganisir.

Freelance copywriter

Apabila Sobat pandai menulis, merangkai kata dengan pengetahuan pemasaran, Sobat dapat menjadikan diri Sobat sebagai copywriter lepas. Baik Sobat menulis blog, iklan, siaran pers, ataupun caption Instagram,  ada banyak perusahaan yang akan membayar jasa yang Sobat tawarkan.

Sobat dapat meningkatkan nilai dengan membawa pengetahuan SEO ke meja untuk membantu klien menyusun strategi untuk menyerang kata kunci tertentu yang sudah digunakan oleh audiens target mereka dalam pencarian online.

Freelance copywriting adalah bisnis yang bagus untuk dijalankan, karena selama memiliki koneksi internet, Sobat dapat bekerja. Bisnis ini akan membuat Sobat nyaman karena Sobat dapat bekerja dari mana saja. Mulai dari rumah, cafΓ©, bahkan saat Sobat di dalam mobil untuk pergi ke suatu tempat.

Penerjemah

Menurut penelitian dari IBISWorld, industri jasa terjemahan mengalami penurunan pada tahun 2020, seperti halnya banyak industri lainnya. Namun, diproyeksikan akan pulih dengan baik pada tahun 2021. Proyeksi ini tidak mengherankan. Dengan seluruh kegiatan usaha menjadi digital, maka membuka peluang untuk pengusaha asing masuk ke Indonesia, begitu pula sebaliknya.

Tren ini telah membuka peluang bagi penutur multibahasa untuk menawarkan layanan tertentu, seperti terjemahan dokumen dan terjemahan informasi situs web ke dalam bahasa untuk digunakan di pasar lain. Jika Sobat menguasai banyak bahasa, maka ide bisnis ini akan cocok untuk Sobat.

Digital marketing

Dengan situasi dimana seluruh kegiatan bisnis beralih menjadi digital, maka jasa digital marketing semakin diminati. Selain itu banyak perusahaan kecil dan menengah lebih suka melakukan outsourcing atau menggunakan jasa freelance daripada membentuk tim internal yang mahal. Jika Sobat memiliki keahlian dalam SEO, pemasaran konten, Google ads, Facebook ads, pengembangan web atau manajemen media sosial, Sobat dapat memiliki peluang bisnis yang memungkinkan Sobat untuk bebas bekerja darimana saja.

Menjual pulsa dan paket data

Semakin dibutuhkannya pulsa dan paket data untuk tetap terkoneksi dengan internet, Sobat dapat membuka usaha dengan ide sederhana ini.

Jika Sobat bingung harus mencari agen utama pulsa, untuk membeli dan kemudian dijual kembali, maka sekarang Sobat tidak perlu lagi bingung. Cukup dengan mengunduh aplikasi Unitedpay, membuat akun dan top up saldo, maka Sobat dapat langsung menjual pulsa dan paket data.

Tidak cuma pulsa dan paket data saja, Sobat bahkan dapat menjual voucher game, voucher makanan, hingga memberikan layanan pembayaran PPOB (pembayaran PDAM, listrik, pembelian token) dengan mudah dan cepat.

Itu dia 5+ ide bisnis kecil yang dapat segera Sobat lakukan di tahun 2021 ini. Jika Sobat membutuhkan insight baru terkait bisnis, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications    OK No thanks