Kekuatan Influencer dalam Instagram Marketing

7 April 2021 • By heppi

Kepopuleran selebriti yang biasa kita lihat di televisi sudah semakin meredup untuk membawa pengaruh terhadap suatu brand. Saat ini, jika Sobat berada di Instagram cukup lama, Sobat pasti akan melihat brand mempromosikan produk mereka melalui orang “biasa”, yang sering disebut sebagai influencer Instagram.

Influencer dalam instagram marketing
Influencer dalam Instagram marketing (Sumber: Freepik)

Instagram telah mempermudah brand untuk memanfaatkan “orang yang memiliki pengaruh”. Sekarang brand dapat menggunakan influencer untuk menargetkan audiens tertentu yang mungkin hanya dapat diakses melalui Instagram.

Dengan Instagram yang masih menjadi platform media sosial terpopuler dan juga menurut Forbes, pemasaran influencer tumbuh lebih cepar daripada iklan digital, kekuatan influencer dalam Instagram marketing menjadi sangat besar.

Kenapa influencer Instagram sangat berpengaruh?

Sobat mungkin masih mempertanyakan mengapa banyak sekali brand yang sangat ingin bekerja sama dengan influencer, bahkan rela mengalokasikan dana untuk strategi ini. Jadi mengapa influencer menjadi sangat berpengaruh dan pendapat mereka menjadi sangat penting?

Influencer Instagram adalah pakar pemasaran di platform media sosial ini. Dengan menggunakan personal branding mereka, mereka berhasil membangun audiens yang menemukan postingan konten mereka menarik dan tidak pernah absen untuk mengonsumsi konten mereka setiap hari.

Influencer juga tahu cara menceritakan sebuah cerita, bukan hanya menjual produk. Faktanya, beberapa influencer telah menjalin hubungan dengan followers mereka melalui cerita mereka. Ketika seorang influencer ingin membagikan cerita tentang suatu brand, followers mereka akan siap dan bersedia untuk mendengarkan.

Melihat bahwa banyak orang sangat menghargai pendapat influencer seperti pendapat teman dan keluarga kita, mudah untuk menyimpulkan mengapa Sobat harus menggunakan influencer dalam strategi pemasaran bisnis.

5 alasan mengapa influencer Instagram sangat berpengaruh

Influencer adalah komunikator yang hebat

Influencer Instagram hidup di ruang digital. Saat mereka membangun audiens mereka, mereka telah mengembangkan keterampilan komunikasi digital yang kuat. Mereka tahu bagaimana mengkomunikasikan visi dan pesan brand Sobat dengan cara yang dapat melibatkan dan terhubung dengan audiens mereka.

Influencer mengenal audiens mereka

Saat Sobat memutuskan untuk bekerja sama dengan influencer Instagram yang memahami followers mereka, Sobat dapat memahami jenis audiens yang akan Sobat jangkau. Sobat dapat memperoleh wawasan tentang pengikut influencer tersebut dan cara influencer berinteraksi dengan followers mereka.

Influencer membangun kepercayaan

Seperti disebutkan di atas, konsumen cenderung lebih mempercayai pendapat rekan-rekan mereka daripada iklan di televisi. Faktanya, 92% orang mempercayai rekomendasi dari influencer. Jadi, dengan bekerja sama dengan influencer, akan memudahkan Sobat membangun brand trust kepada target konsumen Sobat.

Influencer dapat meningkatkan traffic

Meningkatkan jumlah traffic website, dan platform media sosial lain yang Sobat miliki sangatlah penting. Mengapa? Karena Sobat pasti ingin menciptakan bisnis yang menguntungkan. Berkolaborasi dengan influencer di Instagram dapat mengarahkan lebih banyak traffic ke platform Sobat dan berpeluang besar meningkatkan angka penjualan.

Mulai dari saat calon konsumen melihat produk Sobat di feed Instagram milik influencer, konsumen akan semakin ingin tahu tentang produk tersebut dan ingin mempelajari lebih lanjut, kemudian berakhir dengan keputusan pembelian.

Influencer dapat menjangkau target audiens Sobat

Influencer sering kali memiliki followers dengan demografis yang sama dengan target konsumen Sobat. Setelah Sobat bermitra dengan influencer yang tepat, Sobat bisa mendapatkan akses ke konsumen baru yang sulit dijangkau. Beberapa influencer Instagram telah membangun dan membentuk kepercayaan dengan audiens yang mungkin Sobat cari atau yang mungkin tertarik dengan produk Sobat.

Kekuatan influencer Instagram memang tidak dapat dianggap remeh. Dengan memilih influencer yang tepat dan bekerja sama dengan mereka, Sobat telah membuka jalan mudah agar bisnis Sobat terut berkembang kearah tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Jika Sobat tidak ingin ketinggalan artikel lain terkait bisnis ataupun tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya