7+ Alasan untuk Mempromosikan Produk di Instagram

6 April 2021 • By heppi

Sejak awal, Instagram telah terbukti menjadi alat pemasaran yang ampuh untuk bisnis yang ingin memperluas pasar. Meskipun terdapat feature iklan pada Instagram, tapi Sobat tetap dapat memperoleh banyak followers tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Jika Sobat belum mempromosikan produk di Instagram, Sobat telah melewatkan banyak hal untuk membuat bisnis menjadi besar.

Mempromosikan produk di Instagram
Mempromosikan produk di Instagram (Sumber: Freepik)

Apa itu Instagram?

Instagram adalah platform media sosial untuk berbagi foto dan video yang sangat populer. Pengguna dapat membagikan postingan foto atau video, video singkat berdurasi 15 detik yang ada di profil selama 24 jam, Video panjang pada feature IGTV, bahkan dapat berbelanja langsung melalui aplikasi.

Jika Sobat masih perlu diyakinkan untuk membuat akun Instagram untuk bisnis, berikut 7+ alasan kenapa bisnis Sobat harus dipromosikan di Instagram.

7+ Menggunakan Instagram untuk bisnis

Banyak orang menggunakan Instagram

Menurut Instagram, kehadiran media sosial mereka saat ini membawa lebih dari 1 miliar pengguna aktif. Dari jutaan orang tersebut, lebih dari 500 juta berada di platform setiap hari. Dengan banyaknya pengguna aktif yang tersedia, akan sangat memungkinkan untuk mendapatkan kesuksesan bisnis dengan strategi Instagram marketing.

Dapat menghasilkan uang langsung dari Instagram

Instagram telah berkembang selama bertahun-tahun untuk memungkinkan penjualan langsung di platform ini. Pembaruan Instagram terbaru memunculkan adanya tab toko, yang dapat memungkinkan konsumen untuk menemukan dan membeli produk secara langsung melalui Instagram.

Instagram juga menambahkan fitur yang memungkinkan bisnis untuk menambahkan tag ke produk dalam postingan foto yang dapat menyertakan deskripsi produk, harga, serta fitur “belanja sekarang”, yang akan mengarahkan konsumen ke website Sobat.

Dengan layanan ini, mudah bagi bisnis untuk menarik penjualan aktual dari situs. 72% pengguna Instagram membeli produk melalui platform media sosial setidaknya sekali.

Fitur Instagram membuat bisnis Sobat semakin menarik.

Instagram adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa bisnis Sobat lebih dari sekadar bisnis yang mencari keuntungan. Hal ini dapat dilakukan melalui banyak fitur Instagram, tetapi Sobat benar-benar dapat membuat konsumen terkesan dengan fitur live post dan stories

Cara terbaik untuk menggunakan live stories adalah dengan menunjukkan hal-hal di balik layar tentang bisnis Sobat dan orang-orang yang bekerja di sana. Contohnya adalah video yang menunjukkan bagaimana produk dibuat, video karyawan kantor berinteraksi satu sama lain, dan sesi tanya jawab langsung antara Sobat dan audiens Sobat.

Instagram live post juga merupakan cara terbaik untuk membangun hubungan, kepercayaan, dan kredibilitas dengan pengikut, serta menunjukkan bahwa ada sisi kemanusiaan dalam bisnis Sobat. Jika konsumen melihat Sobat lebih dari sekadar entitas yang ingin mengambil uang mereka, mereka akan lebih mempercayai bisnis Sobat.

Sobat bisa bekerjasama dengan influencer

Ketika menggunakan media sosial terutama Instagram, Sobat akan bertemu dengan audiens tetap dan influencer. Bagi yang belum tahu, influencer adalah selebriti online yang sering mempromosikan suatu brand atau produk untuk meningkatkan brand awareness.

Influencer yang kredibel dapat membawa penjualan produk Sobat ke level yang lebih tinggi melalui peningkatan laba atas investasi dan akses ke demografi yang sebelumnya belum dapat terjangkau. Jika Sobat menggunakan influencer terkenal, mereka dapat mempublikasikan brand atau produk Sobat ke jutaan pengikut hanya dengan beberapa postingan.

Hashtag dapat meningkatkan visibilitas bisnis Sobat

Sebagai bisnis baru di platform tersebut, Sobat mungkin merasa terintimidasi oleh persaingan, tetapi dengan penggunaan tagar yang tepat, Sobat dapat memisahkan bisnis Sobat dari keramaian dan menjadi stand out.

Tagar Instagram populer seperti #ShareaCoke Coca-Cola, #TweetFromTheSeat Charmin’s dan #MyCalvins Calvin Klein, ataupun Gojek dengan #SelaluAdaJalan telah mengguncang industri, menjadi landasan budaya pop yang membuat perusahaan populer ini semakin dikenal.

Sobat mungkin bukan Coke, Charmin ataupun Gojek. Namun, penggunaan hashtag yang efektif dapat melakukan keajaiban untuk memisahkan bisnis Sobat dari persaingan.

Anda dapat terlibat secara efektif dengan pelanggan

Dengan membuat akun Instagram untuk bisnis Sobat, Sobat dapat dengan mudah menunjukkan eksistensi Sobat kepada target konsumen. Dengan Instagram, Sobat juga lebih mudah untuk terlibat interaksi dengan konsumen.

Karena Instagram adalah platform bagi pengguna untuk menyukai, berkomentar dan berbagi konten favorit mereka, maka semakin banyak Sobat terlibat dengan audiens, bisnis Sobat akan semakin dikenal dan besar.

Sobat dapat dengan mudah melihat kompetitor

Perusahaan Sobat dapat menggunakan Instagram untuk mengawasi kompetitor dan melihat bagaimana strategi yang mereka gunakan untuk berinteraksi dengan konsumen mereka. Perhatikan baik-baik untuk mengetahui seberapa sering mereka memposting, konten apa yang mereka posting dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konsumen.

Sobat dapat menggunakan informasi tersebut untuk menentukan strategi bisnis dengan lebih baik.

Jangkau konsumen baru melalui iklan Instagram

Dengan iklan Instagram, Sobat dapat menjangkau pelanggan baru dan memperluas jangkauan bisnis Sobat dengan iklan yang dapat disesuaikan dan dapat dipantau. Sobat dapat menargetkan demografi tertentu, menautkan ke situs web bisnis, dan mengumpulkan data konsumen yang dapat membantu untuk membuat strategi lain.

Gunakan Instagram Insights untuk mengasah strategi pemasaran media sosial

Jika Sobat baru memulai strategi pemasaran media sosial, menggunakan Instagram insight dapat memberikan informasi yang spesifik dan relevan tentang audiens dan bagaimana kinerja konten Sobat. Instagram insight akan memberikan informasi tentang usia dan jenis kelamin audiens, lokasi mereka, kapan biasanya mereka menggunakan media sosial, seberapa baik kinerja setiap konten, dan waktu terbaik bagi Sobat untuk memposting.

Itu dia 7+ alasan untuk mempromosikan produk di Instagram. Perlu diingat, jika Sobat mempromosikan produk di platform yang tepat, maka peluang bisnis Sobat untuk sukses semakin besar.

Jika Sobat tidak ingin ketinggalan untuk membaca artikel terkait bisnis ataupun tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications    OK No thanks