6 Tips Membangun Fondasi Kuat untuk Bisnis Sobat

3 April 2021 • By heppi

Impian dan keinginan semua pengusaha adalah memiliki bisnis yang sukses. Selain itu, pola pikir banyak pengusaha akan selalu berkisar pada memiliki ide, membuat produk, menarik pelanggan, dan menghasilkan uang.

Sayangnya, bagaimanapun, membangun bisnis bukan hanya tentang empat hal tersebut. Ada banyak hal mendasar yang juga perlu dibangun.

Fondasi kuat untuk bisnis
Tips membangun fondasi kuat untuk bisnis (Sumber: Pexels)

Seperti rumah yang dibangun di atas fondasi yang kuat, akan bertahan untuk waktu yang lama dan tidak akan terguncang jika terjadi badai dan angin kencang. Hal yang sama berlaku untuk bisnis. Dengan fondasi yang kuat yang menangani semua hal penting, Sobat dapat yakin bahwa bisnis Sobat akan bertahan untuk waktu yang lama dan menghadapi badai dan kesulitan dengan baik.

6 Tips membangun fondasi kuat untuk bisnis

Miliki work life balance

Keinginan untuk sukses membuat banyak pengusaha membenamkan diri dalam bisnisnya. Banyak orang yang menganggap hal ini sebagai prasyarat menuju bisnis yang sukses. Banyak pengusaha beranggapan bahwa mereka tidak bisa sukses tanpa komitmen untuk bekerja 24/7.

Pemikiran tersebut sebenarnya sangat berlawanan dengan kesuksesan karena malah menciptakan stress yang berlebihan. Meskipun penting untuk tidak kehilangan semangat, tapi tidak memberi diri sendiri waktu istirahat dapat memicu stres dan kelelahan.

Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan memberikan liburan untuk memungkinkan para pekerjanya menghilangkan stres, memulihkan tenaga, dan menjaga keseimbangan yang sempurna.

Miliki rencana yang realistis

Meskipun Sobat memiliki motivasi yang tinggi dan tujuan yang besar, setiap pengusaha tetap harus memiliki rencana bisnis dengan aktivitas-aktivitas yang terencana dan terukur. Seperti mendapatkan pendanaan yang sesuai, merekrut talenta terbaik, dan pertumbuhan yang realistis.

Jika Sobat memiliki rencana bisnis untuk mendapatkan pendanaan, Sobat perlu format proposal yang tepat serta laporan riset yang mendalam termasuk proyeksi yang akurat.

Memiliki produk yang bagus

Salah satu elemen penting dari fondasi bisnis baru adalah produk atau layanan. Dua hal tersebut adalah dasarnya, karena bisnis Sobat tidak akan ada tanpanya.

Namun tidak hanya sekedar memiliki produk dan layanan, tapi termasuk ide tentang apa yang ingin Sobat tawarkan, siapa target pasar Sobat, dan bagaimana Sobat akan menjual produk. Memutuskan penawaran produk dan layanan sangat penting untuk kesuksesan bisnis.

Setelah memutuskan produk, selanjutnya pikirkan strategi pemasaran yang efektif yang dapat menjangkau target konsumen Sobat. Hal ini juga akan melibatkan gagasan tentang ukuran pasar, di mana target Sobat berada, bagaimana mendapatkannya, dll. Upaya Sobat di sini adalah faktor dalam kekuatan departemen pemasaran Sobat.

Pemasaran

Bisnis tidak dapat bertahan tanpa pemasaran. Oleh karena itu, pemasaran harus menjadi bagian dari hal-hal yang akan membentuk fondasi bisnis Sobat. Pemasaran adalah bagian besar dari bisnis mana pun yang melibatkan hal-hal seperti riset pasar, mengidentifikasi basis pelanggan, pengembangan produk, dll.

Pemasaran harus menjadi bagian yang difokuskan pada permulaan berdirinya bisnis karena dapat mengungkapkan banyak informasi penting untuk kesuksesan bisnis. Misalnya, ini dapat memberikan wawasan tentang siapa target konsumen Sobat, yang akan memengaruhi positioning dan pengembangan produk.

Tidaklah cukup hanya memiliki produk yang bagus, tetapi mendukungnya dengan layanan pemasaran terbaik sangat penting untuk kesuksesan.

Miliki situs web bisnis

Ketersediaan internet di zaman ini telah menjadikan dunia hanya seperti satu wilayah besar. Selain itu, untuk menjangkaui konsumen Sobat, mengadobsi sistem online memang tidak bisa lagi ditawar. Situs web Sobat akan berfungsi sebagai penghubung antara bisnis dan pelanggan yang jauhnya ribuan kilometer.

Untuk itu, luangkan waktu dan rancang situs web responsif yang menampilkan apa yang Sobat tawarkan. Tidak perlu mengeluarkan budget berlebihan di situs web, karena ada beberapa template web yang murah bahkan gratis yang dapat Sobat gunakan untuk bisnis Sobat.

Bangun tim yang solid

Setiap bisnis membutuhkan sumber daya manusia untuk membangun perusahaan dan membantu mewujudkan impian dan tujuan bisnis. Jangan pernah lupa bahwa kesuksesan bisnis Sobat berkaitan langsung dengan efektivitas tim.

Pastikan untuk mendapatkan talenta yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis saat ini. Pastikan untuk menjadi strategis dalam menambah orang dan menghindari tekanan untuk mengisi posisi tepat waktu.

Skill tim Sobat harus melengkapi kebutuhan bisnis.

Kesimpulan

Persaingan bisnis tidak akan pernah mudah dan akan terus ada. Untuk dapat terus mengikuti kompetisi, maka bisnis Sobat perlu memiliki fondasi yang kuat, untuk setidaknya bertahan dan tidak mati.

Jika Sobat tidak ingin ketinggalan artikel lain terkait bisnis dan tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya