Bagaimana Cara Menganalisis Perfoma Konten yang Sobat Buat?

2 April 2021 • By heppi

Setelah Sobat membuat konten, pekerjaan Sobat masih jauh dari selesai. Untuk meningkatkan dan terus membangun konten terbaik, Sobat perlu mengetahui cara menganalisis perfoma konten yang telah Sobat buat.

Ada beberapa cara untuk mengukur dan menganalisis kinerja konten, tetapi Sobat harus menentukan metrik mana yang paling relevan dengan sasaran bisnis Sobat. Baca terus untuk mengetahui mengapa dan bagaimana cara Sobat menganalisis performa konten.

Cara menganalisis peforma konten
Cara menganalisis peforma konten (Sumber: Freepik)

Kenapa performa konten perlu dianalisis?

Mengukur kinerja adalah bagian dari proses pembuatan konten. Jika Sobat tidak meninjau ulang bagaimana kinerja konten, Sobat tidak akan tahu apakah konten yang telah Sobat memenuhi tujuan yang ditetapkan, dan bagaimana audiens Sobat menerimanya atau malah tidak ada yang membacanya sama sekali.

Berikut beberapa alasan lain untuk mengukur kinerja konten Sobat:

Data tidak berbohong

Meskipun Sobat mungkin memiliki gagasan tentang konten apa yang akan berhasil untuk bisnis Sobat, Sobat tidak akan benar-benar tahu apakah asumsi Sobat benar sampai Sobat melakukan pengujian. Sobat dapat mengandalkan poin dari data-data yang ada untuk melihat apakah konten Sobat efektif atau tidak.

Mendapatkan wawasan tentang audiens

Apakah audiens menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca konten tentang β€œhow to” produk? Konten apa yang paling banyak di share oleh audiens? Menganalisis data memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang jenis konten apa yang paling terhubung dengan audiens Sobat

Membantu dalam menentukan strategi selanjutnya

Dengan memperhatikan apa yang berhasil dan tidak, Sobat dapat melakukan perbaikan. Misalnya, jika Sobat menemukan bahwa audiens tidak membaca konten dengan paragraf yang panjang, Sobat dapat menemukan cara baru untuk menyajikan konten, seperti menambahkan poin-poin atau membuat microblog.

Mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang platform penjualan

Mengukur dan menganalisis kinerja konten dapat memberi Sobat gambaran keseluruhan tentang platform penjualan Sobat. Dengan melihat data, Sobat dapat melihat kekurangan apa pun, seperti ternyata konten yang Sobat buat tidak mengubah pengunjung menjadi pelanggan ataupun tidak berhasil membangun brand awareness.

Sobat dapat melihat tren yang sedang berkembang

Saat Sobat membuat dan menguji konten, Sobat dapat melihat tren yang sedang berkembang, sehingga memungkinkan Sobat untuk secara proaktif membangun konten seputar topik atau format cerita yang sesuai untuk audiens Sobat.

Bagaimana cara mengukur kinerja konten?

Mengukur kinerja konten bukan hanya mengumpulkan data. Sobat perlu punya rencana. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengukur kinerja konten:

Tetapkan tujuan

Sasaran kinerja konten Sobat kemungkinan besar akan dikaitkan dengan sasaran keseluruhan bisnis. Misalnya, jika Sobat menginginkan audiens untuk lebih engaged, maka Sobat dapat menetapkan sasaran untuk meningkatkan rasio klik email marketing rata-rata sebesar 20% setelah satu tahun.

Sobat juga dapat mempertimbangkan untuk membagi tujuan besar menjadi tujuan-tujuan dengan jangka waktu lebih pendek, seperti tujuan mingguan ataupun bulanan dan menganalisis peforma kontennya.

Dengan begitu, tujuan utama tampak lebih mudah dikelola dan lebih jelas sejalan dengan jobdesk Sobat sehari-hari.

Pilih metrik yang tepat

Ada banyak metrik yang dapat Anda pantau, tetapi Anda harus memilih yang paling relevan dengan bisnis Anda. Berikut beberapa metrik yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Performa media sosial: Melihat berapa banyak likes, share, dan komentar yang diterima konten Sobat adalah cara yang baik untuk mengetahui apakah konten media sosial Sobat manarik bagi audiens Sobat.
  • Followers media sosial: Menyasar pertumbuhan akun media sosial dapat membantu konten Sobat melangkah lebih jauh, tidak hanya karena lebih banyak pengguna yang melihat konten Sobat, tetapi juga karena lebih banyak pengguna yang cenderung terlibat dan berbagi konten Sobat.
  • Blog traffic/engagement: Jika sebagian besar pemasaran konten Sobat berputar di sekitar blog, Sobat pasti ingin tahu bagaimana kinerjanya. Berapa banyak page views blog? Postingan mana yang paling banyak dibaca orang, dan halaman mana yang memiliki rasio bounce rate tertinggi?
  • Inbound link: Inbound link (ketika bisnis atau organisasi lain mentautkan link ke konten Sobat) penting karena meningkatkan kredibilitas pada dan membantu Sobat mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.
  • Click-through rates untuk calls to action (CTAs): Konten Sobat kemungkinan besar akan menampilkan banyak CTA. Misalnya, di bagian bawah postingan blog, Sobat mungkin meminta pembaca untuk berlangganan blog artikel Sobat, atau di halaman layanan, Sobat mungkin menawarkan uji coba gratis kepada pengunjung.

Atur jadwal posting konten

Saat menerbitkan konten di blog atau platform sosial, konsistensi dan keseimbangan adalah kunci. Menetapkan kalender konten dapat memastikan Sobat memposting cukup konsisten untuk menjaga audiens Sobat tetap terlibat, tanpa membanjiri feed dan kotak masuk mereka dan mendorong mereka untuk berhenti mengikuti atau berhenti berlangganan.

Pastikan Sobat memeriksa metrik Sobat pada waktu yang sama setiap minggu, bulan, atau kuartal. Ini membantu Sobat untuk mendapatkan informasi yang lebih konsisten dan teratur. Cari pola, baik positif atau negatif, yang menunjukkan seberapa baik kinerja konten Sobat. Sobat juga harus memiliki cara untuk mendokumentasikan metrik yang didapat sehingga Sobat dapat dengan mudah melihat kembali informasinya.

Putuskan perubahan apa yang perlu Sobat lakukan

Berdasarkan hasil analisis, Sobat harus memiliki gagasan yang baik tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak. Kemudian, Sobat dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengerjakan ulang atau menghilangkan konten berkinerja buruk atau membuat lebih banyak jenis konten yang terbukti bekerja

Ulangi prosesnya

Mengukur dan menganalisis kinerja konten Sobat adalah proses yang berkelanjutan. Meskipun Sobat telah melakukan perbaikan, Sobat harus terus melacak metrik Sobat untuk mempelajari tentang audiens karena konten adalah hal yang dinamis dan terus berubah.

Itu dia cara menganalisis perfoma konten yang Sobat buat. Jika Sobat tidak ingin ketinggalan artikel lain terkait bisnis ataupun tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications    OK No thanks