5 Tips Mengatur Keuangan untuk Pemula

29 March 2021 • By heppi

Mengatur keuangan sebenarnya hal yang gampang-gampang susah. Akan terlihat mudah memang saat Sobat membaca tips untuk mengatur keuangan, tapi ketika benar-benar dilakukan, pada faktanya adalah hal yang susah. Karena untuk mengatur keuangan, Sobat membutuhkan komitmen yang kuat.

5 Tips mengatur keuangan
Tips mengatur keuangan (Sumber: Freepik)

Jika Sobat baru saja mendapatkan pekerjaan dan akan segera mendapatkan gaji, jangan lupa untuk mengatur gaji yang akan Sobat dapatkan. Karena tidak ada namanya terlalu dini dalam mengatur keuangan. Semakin awal Sobat mengatur finansial, maka Sobat dapat menghindari masalah finansial yang mungkin akan Sobat temui.

Berikut adalah 5 tips mengatur keuangan yang dapat Sobat coba lakukan.

5 Tips mengatur keuangan

Mulai dengan berpikir tentang tujuan Sobat mengatur keuangan

Langkah pertama dalam merancang rencana keuangan adalah meluangkan waktu untuk memikirkan akhir atau tujuan mengatur keuangan. Mayoritas orang bangun setiap hari untuk pergi bekerja dan menghabiskan sebagian besar hari di kantor tanpa benar-benar mengetahui alasan mereka bekerja.

Untuk itu, sebelum mulai mengatur keuangan, Sobat perlu menentujan tujuan akhir atau goal apa yang ingin Sobat dapatkan dari mengatur keuangan. Apakah untuk membeli rumah, biaya sekolah anak, memiliki keuangan yang sehat ataupun untuk mewujudkan impian Sobat pergi berlibur.

Sebelum mulai untuk memahami pengeluaran dan pendapatan Sobat, penting untuk memiliki visi tentang apa yang Sobat inginkan dalam hidup Sobat.

Ketahui kemana perginya uang Sobat

Mengetahui ke mana uang Sobat pergi setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan adalah fondasi penting untuk rencana keuangan. Merupakah suatu keharuskan yang harus Sobat lakukan untuk mencatat pengeluaran Sobat setiap hari. Sobat bisa melakukannya sebelum Sobat tidur. Atau jika terlalu berat, maka lakukan seminggu sekali dengan catatan Sobat perlu mengingat pengeluaran yang dikeluarkan dalam seminggu tersebut.

Namun, kelemahan dari tips ini adalah jika Sobat menggunakan uang tunai. Karena Sobat tidak dapat benar-benar melacaknya. Untuk menutupi kelemahan tersebut, Sobat bisa menggunakan kartu debit atau kredit, karena pengeluaran Sobat akan dapat terlacak sampai ke nominal satuannya.

Gunakan beberapa rekening bank

Menggunakan satu rekening bank dapat mempersulit penganggaran dan perencanaan. Jika satu rekening tersebut tidak hanya Sobat gunakan untuk menabung, tapi juga untuk membiayai pengeluaran Sobat, maka perencanaan keuangan Sobat lebih berpeluang besar untuk gagal.

Dengan hanya memiliki satu rekening, akan membuat Sobat selalu merasa masih memiliki uang untuk membiayai pengeluaran Sobat. Padahal kenyataannya, uang yang ada dalam rekening tersebut tidak hanya untuk membiayai pengeluaran, tapi juga termasuk tabungan Sobat.

Untuk dapat konsisten dalam mengatur keuangan, Sobat dianjurkan untuk memiliki 2 rekening bank terpisah. Satu untuk membiayai pengeluaran Sobat, satunya lagi adalah rekening untuk tabungan. Dengan begitu, uang untuk pengeluaran dan tabungan jadi tidak tercampur.

Mengurangi pengeluaran

Hal-hal sederhana seperti memasak makanan di rumah, membuat kopi sendiri, berbelanja saat ada diskon, ataupun berbelanja sesuai dengan kebutuhan akan membantu Sobat dalam perencaan keuangan. Karena pengeluaran tersebut telah direncanakan sebelumnya dan dapat membuat perencanaan keuangan Sobat stabil.

Selain itu, hal ini juga membangun kebiasaan berbelanja sesuai kemampuan dan Sobat dapat mulai menyisihkan lebih banyak uang daripada yang Sobat belanjakan.

Menambah penghasilan

Jika setelah mengatur keuangan dan mengurangi pengeluaran Sobat masih mengalami masalah finansial, mungkin jawaban atas masalah finansial Sobat adalah menambah penghasilan.

Jika Sobat saat ini masih mengandalkan satu pekerjaan sebagai penghasilan Sobat, mulai saat ini coba cari peluang untuk menambah penghasilan. Seperti menjadi reseller, membuka jasa titip ataupun berjualan pulsa.

Jika Sobat ingin menambah penghasilan dengan berjualan pulsa tapi masih bingung cara memulainya, Sobat dapat menggunakan aplikasi Unitedpay. Dengan mendownload aplikasi dan membuat akun, Sobat langsung bisa berjualan pulsa dan menambah penghasilan.

Nah, itu dia 5 tips mengatur keuangan untuk pemula yang bisa Sobat lakukan sekarang juga untuk menghindari masalah keungan. Jika Sobat ingin membaca lebih banyak artikel lain terkait bisnis serta tips&trik, Sobat dapat klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya