Jika dianalogikan, Instagram merupakan tambang emas bagi pemasar, dimana Sobat dapat bertemu dengan konsumen yang telah menjadi target bisnis. Karena merupakan tambang emas, tentunya bukan hanya Sobat yang berada dalam platform tersebut, ada banyak sekali brand lain yang turut menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk dan berinteraksi dengan konsumen. Lalu bagaimana cara agar brand Sobat dapat stand out diantara kompetitor?

Menggunakan Instagram sebagai platform untuk mempromosikan brand, akan membuat Sobat berada dalam ketidakpastian. Instagram merupakan tempat yang penuh dengan teka-teki, sehingga Sobat tidak tahu jenis konten mana yang akan bekerja dengan baik atau tidak dan apakah konten yang akan diunggah akan mendapatkan likes serta engagement yang besar.
Namun, untuk membantu Sobat, ada beberapa pedoman utama yang dapat Sobat ikuti untuk membantu memastikan konten Sobat bekerja dengan baik dan mendapatkan engagement yang besar. Berikut adalah 4 elemen yang harus ada dalam konten yang Sobat unggah.
4 elemen yang harus ada dalam konten Instagram
Daftar isi
Konten visual berkualitas
Tidak harus berupa foto yang diambil dan diedit secara profesional, tapi bisa berupa video pendek, atau grafik yang menarik. Namun, konten apapun itu, harus berkualitas tinggi, yang berarti tidak boleh buram, berpiksel, atau tidak terkait dengan brand Sobat.
Instagram adalah platform visual pertama dan sangat populer, jadi menempatkan visual yang berkualitas pada feed adalah hal terpenting yang harus Sobat lakukan untuk sukses.
Caption yang menarik
Meskipun caption adalah hal sekunder dari konten visual, caption tersebut tetap memainkan peran penting untuk mendapatkan engagement yang besar. Pastikan semua caption Sobat jelas, bebas dari typo atau kesalahan tulis, dan menarik serta menyertakan ajakan bertindak. Mengarahkan konsumen untuk membeli produk lewat website, misalnya. Cobalah untuk mempertahankan gaya menulis yang konsisten di semua caption.
Hashtag yang relevan
Hashtag memungkinkan konten Sobat ditemukan oleh konsumen baru dan membuat konsumen lama tetap up to date, jadi Sobat harus memasukkan beberapa hashtag disetiap posting Sobat. Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak, karena akan membuat caption Sobat terlihat berantakan. Targetkan paling banyak tiga atau empat hashtag. Jika Sobat merasa perlu lebih, Sobat dapat menulis hashtag di kolom komentar.
Akan sangat membantu jika membuat hashtag yang unik untuk brand Sobat. Hashtag yang mencerminkan brand atau kampanye tertentu untuk membuat postingan menonjol dan mudah ditemukan.
Engagement dengan followers
Keterlibatan menghasilkan keterlibatan. Artinya jika Sobat terlibat dengan followers Sobat, mereka juga akan terlibat kembali. Coba balas komentar dan DM, tag followers jika memungkinkan, dan pertimbangkan untuk menggunakan konten yang dikirimkan followers atau disebut user generated content. Ini dapat menunjukkan kepada followers Sobat bahwa Sobat peduli tentang mereka dan ingin membangun komunitas dengan mereka.
Nah itu dia 4 elemen yang harus ada dalam setiap konten yang akan Sobat unggah di Instagram agar brand Sobat stand out diantara kompetior. Yuk, langsung terapkan disetiap konten Sobat!
Untuk membaca artikel lain terkait bisnis atau tips&trik, Sobat dapat baca di sini.