5 Pelajaran dari Seorang Walt Disney

26 February 2021 • By heppi

Mickey Mouse, Cinderella, Aladdin, Beauty and The Beast, Pinicchio hingga The Lion King merupakan film-film legendaris Disney. Sebenarnya masih ada puluhan film lainnya, yang jika ditulis akan menjadi satu artikel tersendiri. Film-film ini mungkin sudah menjadi teman terbaik Sobat waktu kecil dan mungkin juga hingga saat ini. Tapi, apakah Sobat tau siapa orang hebat dibalik film-film tersebut?

Pelajaran dari seorang Walt
Pelajaran dari seorang Walt Disney (Sumber: Britannica)

Walt Disney atau Walter Elas Disney lahir pada tanggal 5 Desember 1901 di Chicago, Amerika Serikat awalnya adalah seorang salesman yang ulung. Tidak datang dari keluarga kaya, Walt Disney harus bekerja sebagai pengantar koran diusia 9 tahun. Butuh puluhan tahun agar karya pertamanya Mickey Mouse dibuat. Bahkan Disneyland pun dibuka pada awal tahun 1950an.

Ada banyak hal yang dapat Sobat pelajari sebagai pebisnis dari perjalanan merintis usaha Walt Disney. Berikut adalah 5 diantaranya:

5 Pelajaran dari seorang Walt Disney

Lakukan apa yang Sobat sukai

Hal pertama yang bisa kita pelajari dari Disney sebagai pengusaha adalah kecintaannya pada menggambar. Dia sangat suka menggambar sehingga dia menggambar di waktu luangnya dan dia bahkan menggambar sambil bekerja sebagai seniman. Dia mengabdikan sebagian besar hidupnya untuk seninya sehingga dia bahkan bersedia melakukan pekerjaan lain hanya untuk mendanai hasratnya.

Oleh karena itu, Sobat harus mengikuti passion yang Sobat miliki, jika Sobat melakukannya hanya untuk uang, itu mungkin tidak akan bertahan lama. Passion inilah yang memberi Sobat kekuatan untuk mengatasi rintangan pada setiap mimpi yang Sobat miliki. Passion adalah hal yang membuat Sobat terus maju ketika semua orang lelah. Dan uang tidak dapat melakukannya untuk Sobat, passion adalah kekuatan.

Mulai dengan hal kecil

Sebelum Disney menjadi terkenal, memiliki banyak sekali karakter, Disney hanya memiliki satu karakter, yaitu Micky Mouse. Barulah setelah itu lahir banyak sekali karakter hingga saat ini. Dan Walt Disney pun menggambar sketsa Mickey Mouse hanya dikertas biasa. Tidak perlu alat ataupun aplikasi canggih.

Selalu mulai usaha dari apa yang Sobat miliki. Dan tidak perlu menunggu sampai ide bisnis benar-benar sempurna. Karena untuk mencapai ide yang sempurna Sobat perlu memulainya dengan satu langkah kecil dan perbaikan yang tanpa henti.

Percaya dengan diri sendiri

Walt Disney memiliki hubungan unik dengan saudaranya, Roy Disney. Walt akan memberikan ide kepada Roy. Roy akan mengatakan tidak dan mencoba membujuk Walt Disney untuk tidak melakukannya.

Sepanjang karirnya, Walt selalu diberi tahu apa yang tidak bisa dilakukan. Dia diberitahu tidak ada yang akan berhasil melalui film animasi. Dia diberitahu bahwa idenya tentang taman hiburan akan gagal total. Seseorang bahkan mengatakan kepadanya bahwa Mickey Mouse adalah ide yang buruk karena seekor tikus akan membuat wanita takut.

Dia membuktikan bahwa hanya karena hal itu belum pernah dilakukan, bukan berarti tidak mungkin. Mustahil adalah kata dari orang yang berpikiran kecil dan Walt Disney bermimpi besar. Dia memiliki keyakinan yang tak tergoyahkan pada dirinya sendiri dan apa yang dia lakukan; dan itulah yang terpenting.

Ubah pandangan Sobat terhadap kegagalan

Walt Disney sering sekali gagal. Studio pertamanya, Laugh O ‘Grams tidak pernah menghasilkan keuntungan. Tapi kegagalan yang paling besar adalah kegagalan karakter Oswald The Lucky Rabbit. Karena Walt tidak mendapat hak cipta untuk karakter tersebut.

Dia kehilangan segalanya, studionya, peralatannya, animatornya, dan ciptaannya. Tapi dari kegagalan besar itu lahir salah satu karakter paling dicintai yang pernah dibuat. Di kereta yang membawanya pulang setelah mengetahui dia kehilangan Oswald, Walt menciptakan Mickey Mouse.

Kegagalan memang akan membuat sakit. Namun, kegagalan yang sebenarnya adalah saat Sobat tidak bangkit kembali ketika jatuh.

Fokus pada peningkatan diri

Walt Disney tidak hanya puas dengan kesuksesan pertamanya. Begitu dia menyelesaikan satu proyek, dia akan segera memulai yang baru. Bahkan Mickey Mouse terus mengalami perubahan. Tim Disney selalu melakukan perbaikan terhadap desain untuk membuatnya menjadi lebih baik.

Itu dia 5 pelajaran dari seorang Walt Disney untuk Sobat pebisnis ataupun yang baru akan merintis usaha. Semoga dapat membuat Sobat terus termotivasi agar dapat mencapai kesuksesan Sobat sendiri!

Untuk artikel terkait tokoh lainnya, Sobat dapat membacanya di sini. Salam sukses selalu untuk Sobat!

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya