6 Tips Memaksimalkan Twitter Marketing

25 February 2021 • By heppi

Jika Sobat mencari platform untuk mempromosikan brand Sobat, Instagram bukanlah satu-satunya platform. Masih ada banyak sekali platform yang dapat Sobat gunakan, salah satunya adalah Twitter. Twitter mungkin memang telah melewati masa jayanya, tapi bukan berarti sudah tidak ada lagi yang menggunakan.

Tips memaksimalkan Twitter marketing
Tips memaksimalkan Twitter marketing (Sumber: Freepik)

Hingga saat ini terdapat 330 juta pengguna aktif bulanan dan 500 juta tweet dikirim setiap hari. Melewatkan Twitter sebagai platform untuk mempromosikan produk sama dengan melewatkan kesempatan emas.

Melakukan kampanye iklan di Twitter akan bekerja dengan baik jika iklan dibuat kreatif, pintar, dan selaras dengan pesan brand Sobat. Dengan biaya rendah dan potensi keuntungan yang tinggi, Twitter layak untuk dijelajahi saat mencoba mengembangkan bisnis Sobat.

6 Tips memaksimalkan Twitter marketing

Membuat iklan yang unik

Sebelum menjalankan iklan, pastikan pesan yang ingin brand Sobat sampaikan kepada konsumen dapat ditersampaikan dengan jelas melalui tulisan, gambar, ataupun video. Gabungkan warna-warna cerah dan font yang mudah dibaca sehingga iklan Sobat dapat menonjol.

Sebagai pengingat, Twitter adalah platform dengan volume tinggi. Ribuan tweet dikirim setiap detik, artinya jika tweet Sobat tidak dibuat dengan kreatif, maka besar kemungkinan untuk iklan Sobat tidak dibaca atau terlewat oleh konsumen. Jadi jangan ragu untuk membuat iklan yang out of the box, sepanjang ide iklan masih sesuai dengan nilai brand yang Sobat miliki.

Gunakan hashtag yang tepat

Menggunakan hashtag yang tepat dapat memberikan popularitas yang tinggi untuk tweet Sobat. Yang memudahkan pada platform seperti Twitter, dimana volume tweet sangat tinggi, siapapun yang mencari topik tertentu dapat menemukan informasi berupa tweet yang relevan hanya dengan menggunakan hashtag.

Tweet dengan hashtag mendapatkan lebih banyak engagement, jadi jangan lewatkan untuk mempelajari bagaimana dan apa yang harus digunakan untuk meningkatkan hasil dari twitter marketing Sobat.

Promosikan tweet terbaik Sobat

Mempromosikan tweet dapat menarik konsumen yang belum mengikuti akun twitter brand Sobat. Dengan mempromosikan tweet, maka Sobat juga dapat mengajak untuk berinteraksi dengan konsumen baru, hanya saja tweet tersebut akan dilabeli β€œpromoted” atau iklan.

Lalu, tweet mana yang harus Sobat promosikan? Yaitu tweet dengan konten terbaik dan yang memiliki foto atau video mendapatkan banyak engagement dan retweet, seperti yang akan Sobat lihat di bawah tweet. Sobat juga harus mempromosikan tweet dengan tautan di dalamnya karena itu akan mengarahkan lebih banyak konsumen ke situs web, konten yang dapat diunduh, atau entri blog terbaru.

Pastikan konsumen baru dapat memahami semua tentang brand Sobat dari tweet yang dipromosikan. Mereka mungkin hanya akan melihat iklan sekilas, jadi berikan semua yang mereka butuhkan untuk mengetahui tentang brand Sobat dalam sekali baca.

Gunakan gambar dan video di iklan Twitter Sobat

Menambahkan gambar ke iklan Twitter Sobat dapat meningkatkan keterlibatan hingga 200 persen. Selain itu, pengguna Twitter memposting gambar 361 persen lebih banyak daripada video tetapi menyimpan video ke favorit mereka 49 persen lebih banyak.

Selain itu visual dapat membantu menjelaskan apa maksut iklan Sobat dan meningkatkan kemungkinan konsumen akan tertarik dan meluangkan waktu mereka untuk melihat iklan brand Sobat.

Bagikan user-generated content

User-generated content atau konten buatan pengguna adalah konten apa pun yang dibuat oleh pengguna dan pengikut, yang menyertakan teks, foto, atau video. Dibuat dan dibagikan secara sukarela oleh konsumen Sobat. Hal ini dapat menciptakan koneksi dan menarik perhatian dari pengguna lain yang ingin disertakan.

Bagaimana Sobat bisa mendapatkan user-genarated content ini? Caranya adalah dengan melibatkan konsumen Sobat dengan meminta mereka membuat konten berdasarkan pengalaman mereka dengan brand Sobat.

Mendengarkan konsumen Sobat dapat membantu menghasilkan ide iklan Twitter. Sobat dapat melibatkan konsumen dalam keputusan seperti penamaan produk, meminta mereka mengunggah konten untuk berpartisipasi dalam kontes, dan bahkan membuat tagar untuk brand Sobat.

Kerja sama dengan influencer atau micro influencer

Influencer yang memiliki banyak pengikut di platform media sosial telah menunjukkan bahwa mereka dapat memandu opini dan keputusan pengikut yang mereka miliki. Sobat dapat bekerja sama dengan influencer yang aktif di industri yang Sobat geluti atau memiliki pengikut dari target konsumen Sobat.

Mulailah dengan menanggapi tweet influencer, membagikan konten mereka dengan me-retweet, dan membangun hubungan dengan mereka. Mereka juga pasti akan mulai tertarik dengan brand Sobat, yang selanjutnya dapat membantu Sobat menilai influencer mana yang dapat menjadi mitra yang tepat untuk mempromosikan brand Sobat.

Apabila kita mengenal influencer, ada juga istilah mikro influencer. Perbedaan antara influencer dan mikro influencer hanya terletak pada skala followers. Seperti namanya, mikro influencer memiliki lebih sedikit pengikut.

Perbedaan skala ini bukan berarti Sobat diharuskan memilih influencer dibanding mikro influencer. Pemilihan kerja sama dengan mikro influencer pun akan membawa dampak positif tertama brand awareness karena jumlah followers yang masih sedikit diikuti dengan loyalitas pengikutnya.

Yang berarti mereka mungkin membagikan konten Sobat kepada lebih sedikit orang tetapi mereka hanya mempromosikan merek yang benar-benar mereka sukai dan percayai. Hal ini menambah nilai plus tersendiri bagi mikro influencer.

Nah itu dia 6 tips memaksimalkan Twitter marketing, semoga dapat membantu bisnis Sobat agar semakin berkembang.

Untuk Sobat yang ingin membaca artikel lain terkait bisnis, Sobat dapat membacanya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications    OK No thanks