Yuk, Intip 3 Tips Menjaga Semangat Resolusi Tahunan!

20 February 2021 • By heppi

Setiap akan pergantian tahun, sepertinya kurang afdol jika tidak menulis resolusi yang ingin dicapai ditahun depan. Bagaimana dengan Sobat? Apakah akhir tahun 2020 kemarin Sobat menuliskan resolusi untuk tahun 2021? Apa saja resolusi yang Sobat ingin capai ditahun 2021 ini? Lalu bagaimana progress relosusi sejauh ini?

Tips menjaga semangat resolusi
Tips menjaga semangat resolusi (Sumber: Freepik)

Menurut penelitian, 80% resolusi tahunan bertahan hanya sampai bulan februari. Setelahnya resolusi tahunan tidak lagi menjadi target prioritas. Gagalnya mempertahankan resolusi tahunan biasanya disebabkan diri kita sendiri, yang seringnya ingin serba cepat. Resolusi yang belum tercapai dalam waktu 1 bulan diartikan dengan resolusi tersebut berarti tidak bisa dicapai, dan kemudian menyerah.

Padahal dengan judul resolusi tahunan, berarti adalah hal-hal yang ingin Sobat capai dalam waktu satu tahun kedepan. Yang seharusnys tenggat waktunya adalah tanggal 31 Desember. Jika resolusi Sobat belum tercapai dibulan kedua tahun ini, masih ada 10 bulan kedepan untuk mencapai resolusi yang telah dibuat.

Untuk itu, jika Sobat saat ini telah kehilangan semangat untuk menjalankan dan mencapai resolusi tahun 2021, berikut ada 3 Tips menjaga semangat resolusi tahunan.

3 Tips menjaga semangat resolusi tahunan

Temukan alasan yang kuat

Saat membuat resolusi tahunan, tidak jarang niat kita didorong oleh keinginan untuk mendapatkan pengakuan dari masyarakat ataupun perhargaan. Niat tersebut memang tidak salah, karena memang sudah sifat alamiah manusia ingin mendapatkan pengakuan.

Namun, yang menjadi salah adalah ketika pengakuan atau penghargaan tersebut tidak didapatkan, kemudian membuat Sobat tidak lagi memiliki semangat atau rasa perlu untuk melakukan hal untuk mencapai resolusi yang telah ditulis sebelumnya. 

Oleh karena itu, untuk terus menjaga semangat, Sobat membutuhnya alasan yang lebih kuat dari sekedar ingin mendapatkan pengakuan. Akan lebih baik jika alasannya ada didalam diri Sobat sendiri.

Contohnya, jika salah satu resolusi Sobat tahun 2021 ini adalah untuk rutin berolahraga, ubah niat Sobat dari yang awalnya mungkin ingin mendapar predikat “body goals” menjadi agar tubuh menjadi sehat, tidak mudah sakit dan dapat melakukan banyak hal positif lainnya. Karena tubuh yang sehat adalah kunci untuk melakukan apapun.

Fokus pada diri sendiri

Salah satu faktor yang menyebabkan Sobat kehilangan semangat untuk menjaga komitmen resolusi tahunan sampai akhir tahun adalah karena Sobat seringnya membandingkan progress atau perkembangan resolusi Sobat dengan orang lain.

Saat progress orang lain terlihat sangat besar dibanding progress Sobat sendiri, saat itulah Sobat akan mulai mempertanyakan pertanyaan seperti “kok dia udah sampai sana, aku kok masih di sini aja?” atau “Wah, udah nggak bisa dikejar deh resolusinya”

Saat Sobat hanya berfokus dengan melihat progress orang lain, Sobat jadi lupa untuk menanyakan pertanyaan yang lebih penting seperti “Dia melakukan apa yak kok progress-nya bisa sebesar itu?” atau “apa ada yang salah ya dari cara yang sampai sekarang aku lakukan?” Pertanyaan-pertanyaan ini yang harusnya Sobat fokuskan. Karena pertanyaan tersebut akan membantu Sobat menemukan solusi yang tepat untuk masalah yang sedang Sobat hadapi.

Buat rencana secara detail

Mayoritas resolusi tahunan adalah berupa hasil akhir yang ingin dicapai tanpa memiliki cara-cara untuk mencapainya. Padahal yang lebih penting dari hasil akhir adalah langkah-langkah mencapainya. Jika Sobat tidak mengetahui atau tidak memiliki cara untuk mencapai resolusi yang telah Sobat tulis, maka pencapaian resolusi mustahil untuk terwujud.

Sekarang, tulis dibawah daftar resolusi apa saja cara-cara yang Sobat harus lakukan agar semua resolusi dapat tercapai maksimal akhir tahun 2021. Sedatail mungkin, bahkan tulis juga aktivitas-aktivitas kecil seperti bangun pukul 5 pagi setiap hari.

Langkah-langkah kecil ini yang sebenarnya dapat membantu Sobat melihat apakah Sobat berada pada jalur yang benar atau salah untuk dapat mencapai resolusi tahun 2021 ini.

Itu dia 3 tips menjaga semangat resolusi tahunan yang dapat Sobat terapkan. Semoga resolusi Sobat tahun 2021 ini dapat terwujud! Untuk membaca tips lainnya terkait bisnis maupun life hack, Sobat dapat membacanya di blog Unitedpay.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications    OK No thanks