5+ Cara Menghemat Listrik Ala Unitedpay

17 February 2021 • By heppi

Pembatasan kontak fisik adalah solusi utama agar pandemi virus corona ini segera berakhir. Hal ini berarti Sobat diminta sebisa mengurangi kegiatan diluar rumah dan mengalihkan pekerjaan secara online agar tetap bisa Β di rumah saja. Dengan skenario seperti ini, beban biaya apa yang akan naik menurut Sobat? Yap! Benar sekali. Beban biaya listrik. Tapi jangan khawatir dulu, Unitedpay akan membagi 5+ cara menghemat listrik.

5+ cara menghemat listrik
5+ cara menghemat listrik ala Unitedpay (Sumber: Freepik)

Menghemat listrik sebenarnya tidak hanya agar beban biaya yang dikeluarkan tidak banyak, alias Sobat bisa lebih irit. Namun, ada banyak manfaat yang lebih besar dari menghemat listrik. Secara garis besar, Sobat dapat turut serta dalam menghentikan perubahan iklim yang saat ini telah kita semua rasakan. Seperti, suhu panas bumi meningkat dan curah hujan yang tinggi.

5+ cara menghemat listrik

Beralih menggunakan laptop daripada PC

Tidak seperti konsumsi listrik pada PC, konsumen listrik pada laptop lebih rendah. Karena listrik akan terus diperlukan selama PC digunakan, sedangkan dengan laptop, Sobat hanya membutuhkan listrik saat sedang mengisi daya laptop saja.

Selain itu, dengan penggunaan laptop lebih fleksibel dengan artian Sobat dapat menggunakannya dimana saja. Tidak harus di tempat yang tersambung dengan listrik selama baterai laptop telah terisi.

Membuat ventilasi udara yang baik

Ventilasi udara yang baik akan membuat aliran udara di dalam rumah terus berganti dan membuat rumah menjadi sejuk. Hal ini tentunya membantu Sobat menghemat listrik karena tidak perlu menyelakan AC.

Mematikan saklar listrik ketika tidak digunakan

Biasanya, mayoritas orang lebih suka membiarkan steker tercolok selama 24 jam. Selain lebih mudah saat membutuhkan daya listrik, misalnya untuk mengisi ulang gadget, kita juga jadi lebih cepat dalam melakukan sesuatu. Tapi sayangnya, kecepatan dan kenyamanan itu harus ditebus dengan tagihan listrik mahal. Jangan lupa ya Sobat, bahwa steker yang terus terhubung dengan saklar tetap mengkonsumsi listrik, meakipun tidak tersambung ke alat elektronik apapun.

Jangan tinggalkan alat elektronik menyala saat tidur

Siapa diantara Sobat yang sering meng-charge ponsel ataupun powerbank ketika malam hari dan ditinggal tidur hingga besok paginya? Atau membiarkan lampu menyala saat tidur? Kebiasaan yang Sobat anggap kecil ini sebenarnya sangat berpengaruh dengan beban biaya listrik yang akan Sobat bayar nantinya.

Dengan tidak meninggalkan listrik menyala saat malam hari, tentunya akan sangat membantu Sobat menghemat listrik. Selain itu, juga meninggalkankan listrik terus menyala seperti saat meng-charge ponsel walaupun baterai sudah penuh juga dapat merusak ponsel itu sendiri.

Pilih AC hemat energi

Apabila kondisi rumah Sobat memang mengharuskan menggunakan AC. Pilihlah AC yang memiliki teknologi hemat energi. Selain itu pilih AC yang dilengkapi pengaturan suhu otomatis. Jangan lupa untuk melihat secara bijak menentukan kapan harus menggunakan AC atau tidak.

Menanam pohon

Salah satu hobi baru yang disenangi selama pandemi adalah menanam pohon. Hobi ini sebenarnya dapat membantu Sobat untuk mengurangi penggunaan listrik terutama AC. Seperti yang kita tahu, pohon dapat memproduksi oksigen dan dapat membuat udara menjadi sejuk.

Dengan menanam pohon, selain biaya listrik berkurang, polusi pun juga ikut berkurang. Sobat jadi mendapatkan dua manfaat sekaligus hanya dengan melakukan satu cara.

Pilih peralatan elektronik sesuai kebutuhan

Selain AC, Sobat juga perlu memilih peralatan elektronik lain sesuai kebutuhan. Misalnya mesin cuci. Ingatlah bila semakin besar kapasitas mesin cuci dan daya listrik yang dimiliki, akan membuat listrik yang dipakai juga lebih besar. 

Cara hemat listrik di rumah juga bisa dilakukan dengan memilih alat setrika yang dilengkapi dengan alat pengatur panas otomatis. Alasannya, karena aktivitas menyetrika biasanya menghabiskan waktu beberapa jam. Bila alat setrika tidak memiliki alat pengatur panas otomatis, justru  akan membuatnya menyalurkan listrik secara terus menerus. 

Pemakaian dispenser juga dapat mengonsumsi lebih banyak listrik. Bila memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya Sobat tidak perlu menggunakannya. Jika memerlukan air dingin atau air panas, Sobat dapat mendinginkan air di kulkas atau memasak air di kompor.

Manfaatkan listrik prabayar

Cara terakhir yang dapat Sobat gunakan untuk mengurangi penggunaan listrik adalah dengan menggunakan listrik prabayar. Dengan listrik prabayar, Sobat sudah menganggarkan biaya listrik di awal bulan sesuai dengan kebutuhan Sobat. Sehingga, pada akhir bulan Sobat tidak perlu lagi memikirkan biaya listrik yang mungkin akan membengkak.

Lebih enaknya lagi, saat ini Sobat tidak perlu lagi harus keluar rumah untuk memberli token listrik. Cukup download aplikasi Unitedpay, transaksi token bisa dilakukan dari mana saja. Nyaman banget deh!

Itu dia 8 cara yang dapat Sobat coba untuk mengurangi beban biaya listrik ala Unitedpay. Jika Sobat ingin membaca artikel lain terkait tips bisnis, Sobat dapat membacanya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications    OK No thanks