5 Manfaat Strategi Text Message Marketing

8 February 2021 • By admin_it

Strategi text message marketing saat ini sudah tidak lagi dianggap hal yang mengganggu. Jika dulu, text message marketing dianggap sebagai pesam spam karena banyak disalah gunakan sebagai alat penipuan, maka sekarang text message marketing adalah strategi pemasaran yang patut diperhitungkan.

Strategi text message marketing
Manfaat strategi text message marketing (Sumber: Freepik)

Mayoritas pelanggan saat ini memiliki dan membawa ponsel kemanapun mereka pergi. Dengan faktor ini saja dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pemasaran dengan pesan teks dapat membantu bisnis Sobat mencapai tujuan yang telah ditetapkan, seperti adanya peningkatan penjualan. Dibanding dengan strategi pemasaran lainnya, pemasaran menggunakan pesan teks memiliki banyak manfaat yang berbeda, antara lain dibawah ini.

5 Manfaat strategi text message marketing

Jangkau pelanggan di manapun mereka berada

Mayoritas pelanggan membawa ponsel dan perangkat seluler ke mana saja, dan menggunakannya setiap saat. Pemasaran menggunakan pesan teks memungkinkan Sobat menjangkau pelanggan di mana saja dan kapan saja.

Berinteraksi secara personal

Pemasaran menggunakan pesan teks memungkinkan Sobat untuk terlibat dalam komunikasi dua arah dengan pelanggan Sobat. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis Sobat melalui SMS, dan Sobat dapat menanggapi pesan mereka secara langsung. Sobat juga dapat menjangkau pelanggan tertentu untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka.

Menjangkau skala besar

Text message marketing memungkinkan Sobat menggunakan pesan teks massal untuk menjangkau banyak pelanggan pada waktu yang sama. Sobat dapat mengirim teks bisnis ke semua orang daftar pelanggan yang Sobat miliki, atau grup pelanggan tertentu.

Mendapat balasan lebih cepat

Pesan teks adalah cara tercepat untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan mendapatkan tanggapan yang lebih cepat. Pelanggan cenderung lebih membaca dan menanggapi pesan teks dibandingkan dengan panggilan telepon dan akan membalas pesan teks lebih cepat daripada email.

Tidak membutuhkan software khusus

Jika pelanggan Sobat memiliki smartphone atau perangkat seluler lainnya, maka Sobat dapat langsung mengeksekusi strategi pemasaran menggunakan pesan teks ini. Dengan mengirimkan pesan teks ke nomor tertentu, pelanggan Sobat dapat memilih untuk terus merima pesan teks bisnis atau tidak. Selanjutnya apabila pelanggan Sobat menyetujui komunikasi bisnis dengan pesan, maka Sobat dapat berkomunikasi dengan pelanggan kapan saja. Yang menambah nilai dari strategi pemasaran pesan teks adalah pelanggan bahkan tidak membutuhkan koneksi internet.

Setelah mengetahui manfaat dari strategi text message marketing, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara untuk mengukur apakah pemasaran menggunaka pesan teks Sobat berhasil atau tidak?

Selain manfaat yang telah dibahas diatas, keuntungan lain menggunakan pemasaran pesan teks adalah keterukurannya. Mirip dengan email, pemasaran SMS memungkinkan Sobat dengan mudah melacak kinerja campaign, sehingga Sobat dapat dengan mudah mengoptimalkannya untuk hasil yang lebih baik. Elemen-elemen penting yang harus Sobat pantau adalah:

Jumlah daftar pelanggan

Jumlah pelanggan yang Sobat miliki adalah indikator yang jelas dari minat positif pada bisnis Sobat. Dengan analisa yang baik, Sobat akan dapat melihat berapa banyak pelanggan yang sebenarnya aktif.

Tingkat pertumbuhan pelanggan

Ukur seberapa cepat daftar pelanggan Sobat tumbuh secara berkala (mingguan, bulanan, triwulanan, atau tahunan) dan per kampanye.

CTR (Click Through Rate)

Rasio klik yang tinggi menunjukkan bahwa konten yang Sobat berikan melalui kampanye SMS relevan dan menarik bagi pelanggan Sobat.

Tingkat respon pelanggan

Tidak semua pesan teks pemasaran membutuhkan klik. (misal: kode kupon). Apa pun respons yang Sobat cari, pastikan itu terukur, sehingga Sobat tahu bagaimana kinerja kampanye Sobat.

Biaya per akuisisi

Ukur biaya total kampanye Sobat dan bagi jumlahnya dengan jumlah pelanggan yang diperoleh oleh kampanye itu. Untuk menjamin keuntungan, pastikan biaya ini lebih rendah dari keuntungan rata-rata yang Sobat peroleh per pelanggan.

Laba atas investasi (ROI)

Ukur total keuntungan yang Sobat terima dari kampanye pesan teks Sobat dan bagi dengan jumlah yang Sobat belanjakan untuk seluruh kampanye Sobat. Selalu pastikan ROI Sobat positif.

Dengan pemasaran pesan teks, Sobat akan menikmati interaksi yang lebih baik dan, akibatnya, peningkatan penjualan yang lebih tinggi. Selain itu, Sobat dapat mencapai hal tersebut dengan cara yang terukur dan hemat biaya.

Apa Sobat memperoleh informasi baru setelah membaca artikel ini?Apabila Sobat ingin mendapat informasi lain terkait bisnis, Sobat dapat membacanya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya

Enable Notifications OK No thanks