Salah satu strategi pemasaran yang dapat dicoba para pebisnis level kecil-menengah adalah strategi text message marketing atau pemasaran menggunakan pesan SMS. Kenapa patut untuk dicoba? Data menunjukan bahwa pengguna ponsel saat ini ada 3,8 miliyar orang. Dimana kita tau bahwa salah satu manfaat atau kegunaan dari ponsel adalah untuk berkirim pesan. Baik dengan menggunakan aplikasi unduhan atau bawaan dari masing-masing ponsel yang dimiliki. Untuk itu, strategi text message marketing tidak boleh dipandang remeh.

Apa yang dimaksud dengan strategi text message marketing? Pesan teks bisnis berarti mengirim atau menerima pesan kepada pelanggan ataupun calon pembeli. Pesan teks bisnis adalah bentuk komunikasi dan pemasaran yang dapat digunakan dengan menyesuaikan target pembeli Sobat. Contoh pesan teks bisnis yaitu mengirimkan penawaran promosi kepada pelanggan, memperbarui status pesanan dan layanan, dan menanggapi pertanyaan terkait pelayanan maupun produk.
Lalu apa saja yang dapat dilakukan dengan pesan teks bisnis? Berikut adalah 5 hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan SMS.
5 Hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan SMS untuk bisnis
Daftar isi
Pengingat janji dan membuat jadwal
Pesan teks bisnis dapat bermanfaat untuk membuat jadwal temu ataupun reservasi tempat. Selain itu, dengan pesan teks, Sobat juga dapat membantu memberikan pengingat pelanggan tentang jadwal yang telah dibuat sebelumnya. Pengingat seperti ini dapat membuat pelanggan merasa nyaman dan menurunkan persentase pembatalan jadwal. Hal ini juga mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan karyawan untuk melakukan panggilan telepon manual ke pelanggan, yang dapat membantu meningkatkan efisiensi sumber daya manusia yang Sobat miliki.
Pengingat pembayaran dan penagihan
Banyak pelanggan membayar tagihan mereka secara online tapi seringkali lupa membayar sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan. Mengirimkan pemberitahuan yang menarik perhatian bahwa tagihan mereka akan jatuh tempo dapat membantu pelanggan melakukan pembayaran tepat waktu. Hal ini dapat menguntungkan bisnis Sobat dan juga pelanggan, karena Sobat akan menerima uang yang terhutang dan pelanggan tidak akan dikenakan biaya bunga dan denda yang tidak perlu.
Konfirmasi pesanan dan pengiriman
Di era digital ini, mungkin sudah banyak bisnis yang menggunakan website sebagai platform untuk melihat produk maupun membuat pesanan. Dengan website memang semuanya akan lebih mudah untuk konsumen maupun Sobat sendiri. Tapi, tetap pikirkan bahwa masih ada banyak calon pembeli maupun pelanggan yang belum memiliki akses internet ataupun belum paham penggunaan website.
Oleh karena itu, pesan teks dapat menjadi jembatan yang dapat menjembatani Sobat dengan calon pembeli baru. Karena pesan teks juga tidak membutuhkan koneksi internet. Selain itu, salah satu yang menjadi perhatian pembeli maupun pelanggan adalah pertanyaan tentang pengiriman produk yang sudah mereka pesan. Dengan mengirim konfirmasi bahwa produk telah dikirim, akan membuat pembeli maupun pelanggan merasa aman dan tingkat kepercayaan kepada bisnis Sobat juga akan naik.
Pesan teks ulang tahun dan anniversary
Mengirim ucapan selamat ulang tahun dan hari jadi kepada pelanggan adalah cara efektif untuk membangun afinitas merek. Pelanggan pada umumnya suka dihubungi dan diakui pada kesempatan ini, jadi menjangkau pelanggan pada hari-hari ini akan menciptakan kesan baik. Pesan bisnis Sobat juga akan menonjol dari pesan ulang tahun dan hari jadi lainnya.
Pengingat acara, pembaruan dan promosi
Sobat dapat mengirim pesan teks untuk menginformasikan kepada pelanggan tentang acara dan promosi yang akan datang. Anda dapat memberikan pembaruan dan perubahan jadwal sebelum acara, dan mengirimkan pesan teks setelah acara untuk meminta feed back atau pendapat tentang acara yang telah diadakan.
Ada banyak hal sebenarnya yang dapat Sobat lakukan dengan pesan teks bisnis. Yang perlu diingat adalah jangan sampai pesan teks yang Sobat kirimkan pada pelanggan malah membuat pelanggan tidak nyaman. Contohnya dengan mengirimkan banyak pesan dalam satu hari. Selalu posisikan diri Sobat sebagai pelanggan dan pertimbangkan apa yang pelanggan suka atau tidak suka.
Apakah artikel strategi text message marketing ini menambah informasi untuk Sobat? Untuk membaca artikel lain, Sobat dapat membacanya di sini.