Bisnis Sobat Mulai Lesu? Coba 5 Trik Meningkatkan Penjualan Ini

4 February 2021 • By heppi

Pada faktanya, bisnis Sobat tidak mungkin terus mengalami kenaikan. Akan ada saat dimana penjualan mengalami penurunan, atau kegiatan pemasaran juga tidak membantu peningkatkan penjualan. Ketika hal tersebut terjadi, jangan merasa gagal. Karena naik turunnya penjualan merupakan hal yang wajar. Sobat hanya perlu mencari tau bagaimana cara untuk meningkatkan penjualan kembali.

5 trik meningkatkan penjualan
5 trik meningkatkan penjualan (Sumber: Freepik)

Perlu diingat bahwa proses meningkatkan kembali penjualan Sobat, bukanlah proses yang mudah. Apabila Sobat telah mencoba berbagai cara namun belum menunjukan hasil, berikut beberapa trik yang dapat Sobat coba agar bisnis Sobat kembali hidup.

5 Trik meningkatkan penjualan

Optimasi SEO

SEO atau search engine optimization adalah upaya mengoptimasasi website ataupun blog agar menjadi rangking teratas dimesin pencari. Lalu, kenapa SEO penting? Seperti yang Sobat ketahui, ketika konsumen sedang mencari produk yang mereka butuh atau inginkan, mereka akan mencari dimesin pencari dengan menulis keyword atau kata kunci. Kata kunci inilah yang harus Sobat ketahui.

Pertanyaan selanjutnya menjadi, bagaimana cara mengetahui kata kunci yang digunakan oleh konsumen? Sobat dapat menggunakan beberapa mesin pencari keyword seperti Ubersuggest, Google Trends, ataupun Google Keyword Planner.

Dengan mengoptimasi SEO, maka produk Sobat dapat menjadi peringkat pertama dalam mesin pencari.

Jawab beberapa pertanyaan dengan video

Permintaan konten video saat ini terus meningkat. Sobat dapat membuat ulasan produk Sobat melalui video. Karena salah satu kelebihan konten video adalah Sobat dapat menjelaskan lebih detail dengan juga memberika tutorial atau cara pakai produk. Selain itu penelitan juga menunjukkan penjelasan melalui audio visual dapat membantu orang untuk menyerap informasi dengan lebih mudah.

Buat situs web Sobat jadi mobile friendly

Jika Sobat belum siap untuk meluncurkan aplikasi, Sobat dapat (dan harus) membuat situs web Sobat ramah ponsel seluler. Sebagian besar konsumen sekarang mengandalkan smartphone mereka untuk mengakses web, jadi minta perancang web melihat situs web Sobat dan mempersiapkannya untuk pembeli yang paham teknologi.

Di dunia ada lebih dari 3 miliar pengguna smartphone, jadi Sobat tidak boleh mengabaikan smartphone. Dengan memobilisasi situs web, dapat meningkatkan kemudahan penggunaan dan sebagai hasilnya, penjualan Sobat meningkat.

Tawarkan diskon jika memungkinkan

Kata diskon mungkin terkesan tidak memberi profit bagi bisnis Sobat. Namun, Sobat perlu menawarkannya dari waktu ke waktu untuk menghasilkan penjualan. Sobat juga dapat menggunakannya untuk memberi penghargaan kepada pelanggan yang sudah selalu bersama Sobat. Tindakan ini tidak akan sia-sia. Selain menambah kesetiaan pelanggan, mereka akan memberitahu orang lain untuk mengikuti jejak mereka.

Berikan lebih dari apa yang konsumen ekspektasikan

Trik ini tidak selalu berarti membeli satu gratis satu, yang dapat membuat Sobat mengalami kerugian. Ada banyak cara untuk menerapkan trik ini. Seperti proses packing dan kirim yang cepat, memastikan produk sampai dengan aman, memberikan bonus hand sanitizer setiap pembelian produk di masa pandemi ini, ataupun customer service yang siap membantu. Pelayanan yang menyenangkan selalu dapat memenangkan hati konsumen.

Sebenarnya ada banyak sekali trik yang dapat Sobat coba selain trik yang telah dijelaskan diatas. Sobat dapat menjelajahi trik-trik lain yang dapat meningkatkan penjualan Sobat sendiri.

Apabila Sobat sedang mencari trik-trik lain terkait meningkatkan penjualan, Sobat dapat membaca di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya