Semua pemilik bisnis serta pemasar tau bahwa kunci untuk menarik perhatian konsumen serta membuat mereka selalu ingin terlibat dengan bisnis adalah dengan membuat konten yang menarik. Namun, proses membuat konten yang menarik adalah hal yang sulit. Berikut adalah tips membuat konten yang menarik konsumen.

Apabila berbicara tentang konten, berarti kita sedang berbicara tentang audiens/pembaca/konsumen. Karena kembali lagi, tujuan utama membuat konten adalah agar dibaca oleh target konsumen Sobat dan membuat mereka ingin kembali lagi untuk mendapatkan informasi yang informatif dan menarik. Tips ini ditulis karena masih ada pebisnis dan pemasar yang lebih mementingkan kuantitas dibanding kualitas. Serta membuat konten yang terlihat profesional tapi tidak personal bagi konsumen.
6 Tips Membuat Konten yang Menarik Konsumen
Daftar isi
Buat konten yang ingin dibaca konsumen
Tips ini adalah tips yang sebenernya sangat jelas, tetapi masih banyak pembuat konten yang membuat konten dengan fokus utama tujuan bisnis mereka, seperti peningkatan penjualan. Dengan fokus tersebut, Sobat tidak akan bisa membuat konten yang dapat menarik perhatian konsumen untuk membaca. Jangan pernah lupa untuk menempatkan diri Sobat sebagai konsumen. Selalu pikirkan apa yang konsumen Sobat ingin baca dan cari tau.
Bayangkan target konsumen dengan detail yang jelas
Analoginya seperti ketika Sobat berbicara dengan seseorang yang Sobat sudah sangat kenal, maka percakapanpun akan mengalir dengan menyenangkan. Begitu juga ketika Sobat telah mengetahui seperti apa target konsumen Sobat, maka konten yang dibuat juga akan dengan mudah dipahami oleh konsumen.
Untuk itu sebelum berpikir tentang ide atau konsep konten yang akan dibuat, pikirkan dulu seperti apa target konsumen yang Sobat akan ajak bicara. Mulai dari jenis kelamin, umur, pekerjaan, kebiasaan hingga di daerah mana mereka tinggal. Penggambaran yang detail akan memudahkan Sobat membuat konten yang tepat.
Memiliki tone suara yang khas
Di lautan konten yang telah mengisi dunia digital, sangat penting untuk memiliki suara yang khas saat berbicara dengan konsumen Sobat. Suara yang khas dan berbeda dapat menjadi nilai tambah untuk bisnis Sobat.
Setelah Sobat membuat gambaran yang jelas tentang audiens, bayangkan Sobat berbicara dengan mereka secara langsung seperti Sobat berbicara dengan seorang teman. Pilih nada suara yang tepat untuk bisnis Sobat. Humor dalam konten selalu menarik tetapi belum tentu sesuai disemua situasi. Sobat dapat memilih untuk menjadi profesional, akademis, motivator, atau memilih nada lain yang masuk akal bagi konsumen dan bisnis Sobat. Yang penting adalah tetap konsisten diseluruh komunikasi Sobat.
Libatkan emosi audiens Sobat
Elemen penting yang membuat konten muncul secara online adalah penggunaan emosi dalam postingan blog atau konten media sosial Sobat. Selalu ncari cara untuk terhubung dengan konsumen pada tingkat emosional. Contohnya, gunakan kata-kata kuat yang terbukti menarik perhatian orang. Kata-kata seperti “Gratis”, “Terbaik”, “Jaminan”, dan banyak lainnya akan membawa dampak signifikan ketika Sobat menambahkannya ke baris subjek email, judul blog, ataupun iklan.
Bangkitkan keingintahuan konsumen Sobat dengan membangun kalimat pembuka yang menarik di email marketing. Ajukan pertanyaan yang membuat konsumen berpikir. Buat pernyataan yang berani atau pernyataan yang memaksa orang untuk terus membaca konten Sobat. Tambahkan cerita, studi kasus, dan berita untuk menambahkan contoh pada konten Sobat dan berikan konteks yang tepat agar konsumen paham.
Format konten Sobat
Tidak ada yang akan membuat pembaca Sobat menjadi malas untuk membaca selain postingan blog yang diformat dengan buruk. Meskipun sebuah artikel mungkin berisi informasi yang informatif, pembaca Sobat tidak akan menganggapnya membantu jika mereka tidak dapat memindai dan memahami apakah artikel itu relevan bagi mereka secara sekilas.
Sobat dapat membuat konten Sobat dapat dipindai dengan memecah teks menjadi beberapa paragraf yang lebih kecil. Buat setiap paragraf masing-masing menjadi tiga atau empat baris. Gunakan gaya bahasa yang santai saat membuat konten. Tulisan yang bersahabat dan percakapan akan membuat konten Sobat mudah dimengerti.
Tambahkan call to action
Saat Sobat mengakhiri suatu konten, baik itu video, postingan media sosial, atau artikel blog, pastikan untuk memberi konsumen sesuatu untuk dilakukan. Ajakan bertindak bertujuan mendorong konsumen untuk mengambil tindakan yang mengarah pada keterlibatan lebih lanjut. Tindakan ini dapat mencakup mengikuti Sobat di media sosial atau menyukai video. Sobat dapat mengarahkan pengguna untuk berlangganan buletin atau bergabung dengan situs keanggotaan eksklusif.
Jika Sobat tidak menambahkan ajakan bertindak, bahkan yang sesederhana memberi tahu konsumen untuk melihat lebih banyak konten Sobat, konsumen Sobat akan segera kehilangan minat dan mencari konten di tempat lain.
Dengan ajakan bertindak, Sobat akan dapat melibatkan kembali konsumen Sobat. Saat mereka menerima email Sobat, mendapatkan notifikasi untuk video dan postingan baru, Sobat akan memiliki kesempatan untuk terus membina hubungan Sobat dengan mereka.
Itu dia tips membuat konten yang menarik yang dapat Sobat coba lakukan. Untuk tips tentang bisnis lainnya, Sobat dapat membacanya di sini.