Ketika Sobat menjual produk secara online, berarti Sobat tidak dapat hadir secara langsung di platform untuk menjelaskan produk Sobat kepada calon pembeli. Lalu bagaimana cara alternatif agar calon pembeli paham tentang produk yang Sobat jual? Jawabannya adalah dengan copywriting. Cara paling ampuh untuk melakukan penjualan online. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara membuat copywriting yang menarik? Berikut adalah penjelasannya.

Copywriting adalah kegiatan menulis teks pemasaran/iklan dengan tujuan membujuk target konsumen untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Seperti definisinya, dengan copywriting Sobat dapat melakukan apa aja. Mulai dari menjelaskan detail produk, mempromosikan barang, hingga membuat calon pembeli memutuskan membeli produk Sobat.
Meskipun aktitivitas utama dalam copywriting adalah menulis, namun Sobat tidak boleh menulis dengan asal-asalan. Banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Sobat akan menulis copy.
Cara membuat copywriting yang menarik
Daftar isi
Pelajari produk atau Jasa
Tidak hanya untuk penjualan online, penjualan secara offline pun menuntut Sobat memahami atau minimal mengetahui detail produk yang dijual. Mulai dari nama produk, feature, bagaimana produk bekerja, hingga manfaat yang akan didapat oleh calon pembeli ketika membeli produk. Tanpa pengetahuan tentang produk Sobat tidak dapat menulis copy.
Pahami target audiens
Pemahaman mengenai target audiens bukan sekedar nama calon pembeli secara individu, tapi lebih pada kelompok demografi. Berapa umur target audiens, jenis kelamin, tempat tinggal, hingga pekerjaan. Pemahaman mengenai audiens/calon pembeli berguna untuk menentukan gaya dalam menulis copy. Apakah harus formal seperti kepada atasan di kantor atau kasual seperti teman sebaya atau semi kasual.
Tanpa pemahanan mengenai target audiens membuat Sobat salah memilih gaya bahasa dalam menulis copy dan menjadikan copy tidak efektif.
Ketahui kompetitor
Pengetahuan akan kompetitor bukan digunakan untuk mengikuti gaya menulis copy. Namun untuk melihat apakah target audiens Sobat sama dengan milik kompetitor, apa kelebihan dari produk Sobat yang dapat menjadi selling point atau nilai jual lebih. Dengan mengetahui perbedaan produk Sobat dengan milik kompetitor Sobat dapat membuat copy dengan gaya yang khas milik Sobat sendiri.
Ketahui media
Hal yang perlu diingat adalah beda media menulis, beda juga cara menulis copy. Karena media sangat mempengaruhi panjang pendeknya copy yang akan Sobat tulis. Cara menulis copy pada caption Instagram dengan Insta Story berbeda, cara menulis copy pada email marketing dengan push notification pun sangat berbeda.
Copywriting yang menarik dengan gaya bahasa yang sesuai dengan target audiens Sobat, dapat membantu Sobat meningkatkan penjualan hingga menarik pelanggan. Itulah penjelasan tentang copywriting, apabila sobat ingin membaca artikel lain terkait tips dan trik bisnis, Sobat dapat membacanya di sini.