Pentingnya Packaging untuk Bisnis agar Menarik Perhatian Pembeli

19 January 2021 • By admin_it

First impression atau kesan pertama selalu menjadi hal yang penting, termasuk dalam bisnis. Apabila bisnis Sobat menjual produk, maka kesan pertama pembeli terhadap bisnis Sobat tidak dimulai dari bentuk produk atau kemudahan menggunakan produknya. Namun, kesan pertama pembeli dimulai dari elemen terluar, yaitu packaging atau kemasan. Untuk itu, mari kita bahas betapa pentingnya packaging untuk bisnis Sobat.

Pentingnya packaging untuk bisnis
Pentingnya packaging untuk bisnis (Sumber: Freepik)

Meskipun ungkapan “don’t judge a book by it’s cover” juga berlaku untuk kemasan produk, bahwa kemasan yang menarik belum tentu menjamin kualitas produk di dalamnya, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa kemasan produk dapat menarik perhatian pembeli dan memberikan nilai tambah bagi bisnis Sobat. Karena menurut penelitian, 1 dari 3 keputusan pembelian didasari oleh kemasan yang menarik. Berikut adalah alasan pentingnya packaging untuk bisnis Sobat.

Pentingnya packaging untuk bisnis:

Proteksi produk

Secara harfiah packaging memiliki fungsi untuk menjaga dan melindungi. Packaging membantu melindungi produk dari suhu, cuaca, guncangan, tekanan, debu dan lainnya agar tetap dalam kondisi terbaik saat diterima oleh pembeli. Oleh karena itu, bagaimanapun desain dari packaging, tidak boleh menghilangkan fungsi dasarnya.

Mengkomunikasikan produk

Bagaimanapun Sobat bermain dengan desain kemasan, jangan lupa untuk membuat kemasan tetap informatif. Kemasan juga perlu menyediakan informasi untuk pembeli mengenai produk yang ada di dalamnya. Kemasan yang baik haruslah dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Untuk siapa produk ini dibuat?
  • Apa kegunakaan dari produk ini?
  • Dimana pembeli dapat memperlajari lebih lanjut tentang perusahaan?
  • Apakah produk ini memiliki tanggal kadaluwarsa? Kapan?
  • Bagaimana produk ini dapat memberikan manfaat untuk pembeli?

Menarik perhatian konsumen

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa 1 dari 3 keputusan pembelian didasari oleh kemasan produk. Jadi dapat dikatakan bahwa kemasan produk memiliki peran yang krusial untuk meningkatkan penjualan bisnis Sobat. Oleh karena itu, salain informatif dan dapat melindungi produk, desain kemasan juga harus dapat menarik perhatian pembeli.

Pemilihan warna, jenis huruf, serta style harus diperhartikan. Jika perlu, lakukan penelitian terkait target pasar yang dituju. Kemasan yang baik haruslah dapat menjadi cerminan dari produk di dalamnya.

Meningkatkan brand image

Di era media sosial dimana banyak konsumen saling memberi dan bertukar informasi tentang produk, packaging turut andil dalam meningkatkan dan menjaga brand image. Di Instagram contohnya, adanya fitur Insta Story yang memiliki masa simpan video/foto selama 1 hari, memudahkan pengguna Instagram untuk sharing hal-hal yang in-the-moment atau hal yang terjadi saat itu juga.

Saat ini telah banyak konsumen yang mengabadikan dan berbagi pengalaman pertama mereka saat membuka dan menggunakan produk dalam bentuk video dan diunggah di Insta Story yang disebut video unboxing. Video unboxing ini bukan hanya video tanpa narasi, tapi konsumen juga menjelaskan bagaimana kemasan, bentuk hingga cara pakai produk.

Yang membuat konten video unboxing ini dapat membantu brand image Sobat naik adalah, dalam video unboxing, konsumen dapat menceritakan bagaimana pengalaman serta persepsi mereka tentang produk milik Sobat. Apabila konsumen memiliki pengalaman yang baik dengan produk Sobat, brand imagepun akan turut meningkat. Dan hal tersebut dapat dicapai dengan langkah kecil, yaitu membuat kemasan produk yang menarik.

Pembeda dengan kompetitor

Dalam satu industri pasti memiliki banyak sekali pelaku bisnis dan juga produk. Dengan kata lain, produk yang Sobat jual memiliki banyak pesaing dengan kegunakaan produk yang sama. Untuk itu, memiliki desain kemasan yang dapat menjadi identitas produk Sobat merupakan hal yang wajib. Kemasan yang dapat membantu pembeli langsung mengetahui bahwa kemasan tersebut adalah kemasan dari produk yang Sobat jual.

Selain itu, berdasarkan data dari Paper Worker, penggunaan warna, font, dan ciri khas tertentu pada packaging dapat membantu konsumen untuk membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan kompetitor. 

Itulah alasan pentingnya packaging untuk bisnis Sobat, untuk membaca artikel terkait bisnis lainnya klik disini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya

Enable Notifications OK No thanks