Tips Membuat Pelanggan Setia pada Bisnis Sobat

13 January 2021 • By admin_it

Membuat pembeli menjadi pelanggan akan selalu menjadi fokus utama dari sebuah bisnis. Prosesnya pun sama sekali tidak mudah. Pada awalnya mungkin bisnis Sobat ramai pembeli. Namun, para pembeli tersebut tidak melakukan pembelian ulang dan menyebabkan bisnis Sobat tidak memiliki pelanggan. Untuk itu menjaga pelanggan agar tetap setia pada bisnis Sobat menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Tapi jangan khawatir dulu Sobat, Sobat hanya perlu mencari dan menemukan tips membuat pelanggan setia yang cocok untuk bisnis Sobat.

Tips membuat pelanggan setia
Tips membuat pelanggan setia (Sumber: Freepik)

Sebenarnya ada banyak sekali cara membuat pelanggan tetap setia pada bisnis Sobat. Tapi, apabila Sobat masih bingung bagaimana tips membuat pelanggan setia, berikut 4 tips yang bisa Sobat coba lakukan.

Tips Membuat Pelanggan Setia Pada Bisnis Sobat

Menjadi pendengar yang baik

Teknologi yang memudahkan bisnis tidak selalu berarti bahwa pelanggan akan merasa puas. Akan ada waktu dimana pelanggan merasa kecewa dan ingin mengeluarkan komplain. Contohnya saat sistem error atau terjadi kesalahan kirim produk. Tugas Sobat adalah menjadi pendengar yang baik. Dengarkan dan tampung komplain mereka dan gunakan sebagai bahan evaluasi untuk bisnis Sobat ke depan.

Jadi lebih personal

Cara ini bisa Sobat lakukan ketika membalas komentar, chat pertanyaan ataupun mengirim email marketing. Tuliskan nama panggilan pelanggan sebagai sapaan agar pelanggan merasa dihargai dan diakui keberadaannya. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan ketika pelanggan berkunjung ke toko. Menyapa dengan panggilan nama akan selalu membuat orang merasa istimewa.

Cobalah untuk selalu membuat nyaman

Tips ini dapat dilakukan baik secara online maupun offline. Secara online berarti, mungkin Sobat menggunakan aplikasi seperti Whatsapp, Line ataupun Telegram untuk kegiatan marketing. Sepeti mengirimkan informasi diskon maupun promo-promo untuk barang tertentu. Yang penting untuk diingat adalah, jangan sampai terlalu mengirim banyak pesan lewat aplikasi kepada pelanggan. Beri jeda dan selalu tempatkan diri Sobat sebagai pelanggan sebelum mengirim pesan.

Untuk offline, ketika pelanggan datang ke toko, biasanya Sobat akan menawarkan bantuan untuk membantu mencari produk. Tapi masalahnya, tidak semua orang yang datang ke toko sudah mengetahui produk apa yang mereka cari. Begitu pula dengan tawaran untuk membantu mencari produk. Ada beberapa orang yang tidak suka dengan bantuan tersebut dan lebih suka memiliki pengalaman berbelanjannya sendiri. Hargai keinginan pelanggan, tapi tetap siap ketika pelanggan membutuhkan bantuan.

Lakukan follow up

Cara ini dapat Sobat lakukan dengan cara tetap menyimpan chat orderan pelanggan. Tanyakan kepada pelanggan apakah orderan sudah sampai kepada mereka. Tanyakan juga bagaimana pengalaman menggunakan produk Sobat. Dan terakhir sampaikan bahwa apabila nantinya pelanggan ingin membeli produk kembali, Sobat akan siap membantu.

Itu dia 4 tips membuat pelanggan setia pada bisnis Sobat. Sobat dapat memilih cara mana yang paling cocok atau bahkan membuat cara Sobat sendiri. Untuk membaca tips-tips lain seputar bisnis, Sobat bisa klik di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya

Enable Notifications OK No thanks