Memulai bisnis sendiri pastinya membutuhkan proses panjang. Sobat yang biasa menangani semua sendiri mungkin akan sampai pada tahap membutuhkan bantuan karyawan karena bisnis terus bertumbuh. Jika kesibukan bisnis mulai tidak bisa tertangani, ada baiknya memang Sobat mulai mencari tambahan tenaga? Lalu seperti apa ya tips cari pegawai untuk bisnis kecil?

Sebab, mengajak seseorang untuk bergabung dengan bisnis kecil bisa cukup sulit karena kondisi bisnis yang masih merintis belum bisa membuat Sobat memberikan benefit maksimal bagi calon karyawan. Berikut beberapa hal yang bisa Sobat lakukan untuk mencari karyawan yang pas dan sesuai dengan kondisi bisnis Sobat.
Tips Cari Karyawan untuk Bisnis Kecil
Daftar isi
Tawarkan posisi freelance
Butuh karyawan tapi belum bisa menggaji secara penuh? Sobat bisa menyiasatinya dengan mencari karyawan dengan posisi paruh waktu alias freelance. Dengan posisi ini, calon karyawan mendapat kewajiban untuk membantu operasional bisnis Sobat, namun ia bisa melaksanakannya sambil tetap bekerja atau kuliah sehingga Sobat bisa menggajinya separuh dari karyawan penuh waktu. Memang konsentrasi akan terbagi, namun secara biaya ini akan lebih masuk akal untuk Sobat.
Minta rekomendasi ke orang sekitar
Berbeda dengan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara formal, Sobat mungkin bisa menghubungi rekan atau saudara untuk meminta rekomendasi calon pegawai sesuai dengan yang Sobat butuhkan. Siapa tahu ada kenalan dari teman atau saudara Sobat yang sedang mencari penghasilan tambahan. Dengan meminta rekomendasi dari orang lain, Sobat setidaknya sudah bisa meminta pandangan mereka mengenai kualitas orang tersebut.
Buka lowongan lewat media sosial
Jika teman dan saudara tidak memiliki rekomendasi, Sobat bisa membagikan tawaran pekerjaan melalui media sosial Sobat atau bisnis Sobat. Tulis dengan jelas kriteria yang Sobat butuhkan, jenis posisi serta tawaran benefit yang bisa Sobat berikan kepada calon pegawai tersebut. Buka kesempatan bagi orang yang tertarik untuk bertanya lebih lanjut pada Sobat agar Sobat bisa sembari menyeleksi orang yang tepat untuk membantu Sobat.
Cari yang sevisi
Dalam bisnis apapun, mencari rekan yang satu visi adalah kunci sinergi yang baik. Karenanya dalam proses seleksi, Sobat harus mencari tahu secara detail mengenai calon pegawai yang melamar. Sobat harus pastikan bahwa sudut pandangnya mengenai beberapa hal dalam menjalankan usaha, sejalan dengan Sobat. Sebab dalam tim kecil, jika Sobat menemukan ketidakcocokan dari awal, maka hal tersebut bisa menjadi kian besar dan berpotensi menyebabkan masalah ke depannya.
Jujur dengan kondisi bisnis
Ingat bahwa kunci kerja sama yang baik adalah kejujuran. Jangan sampai karena ingin lekas mendapatkan pegawai, Sobat berbohong mengenai benefit yang akan pegawai dapatkan jika bergabung dengan Sobat. Jelaskan kondisi bisnis dari awal dan carilah orang yang benar-benar sepaham dan mengerti dengan kondisi Sobat yang masih merintis. Jika Sobat jujur dari awal, maka calon pegawai tidak akan merasa tertipu dan menyesal telah melamar pekerjaan ke bisnis Sobat.
Jadi, itulah lima tips cari pegawai untuk bisnis kecil yang sedang berkembang. Sobat bisa menerapkan lima tips ini untuk bisa memperoleh tenaga tambahan dari bisnis yang sedang Sobat tangani. Jangan lupa untuk selalu bersikap baik kepada siapapun agar semua orang nyaman bekerja dengan Sobat, ya! Untuk tips pengembangan bisnis lainnya, Sobat bisa baca di sini.