5 Cara Membuat Pelanggan Loyal dalam Bisnis

10 November 2020 • By Indah

Mencari seorang pelanggan baru memang tidak mudah, namun lebih menantang lagi mencari cara membuat pelanggan loyal. Ada berbagai aspek yang harus diutamakan dalam pengelolaan bisnis untuk membuat seorang pembeli beralih menjadi pelanggal loyal. Jika Sobat memiliki bisnis yang sedang dirintis, maka penting bagi Sobat untuk memperhatikan hal ini.

Cara membuat pelanggan loyal
Cara membuat pelanggan loyal. (Foto: Freepik)

Berbagai faktor ini tidak bisa dibilang mudah, namun juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Yang terpenting, Sobat terus berusaha memberikan yang terbaik bagi semua pembeli baik pembeli baru maupun pembeli lama agar tetap setia dan terus kembali menggunakan produk baik itu barang maupun jasa. Uraian selengkapnya, simak lima tips membuat pelanggan loyal di bawah ini:

Lima tips membuat pelanggan loyal

Berikan pelayanan terbaik

Hal mendasar yang harus Sobat pastikan untuk membuat pelanggan betah adalah pelayanan yang maksimal. Pastikan Sobat memperhatikan detail dan mengutamakan sudut pandang pelanggan dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Sebagai konsumen, pelanggan akan bisa membandingkan mana bisnis yang melayani konsumen dengan sungguh-sungguh dan jika ia merasa puas, maka kemungkinan besar ia akan kembali menggunakan produk atau jasa Sobat kembali.

Pastikan pengalaman belanja berkesan

Satu hal yang harus Sobat selalu perhatikan adalah sudut pandang pelanggan saat bertransaksi dengan Sobat. Pelanggan yang puas belum tentu merekomendasikan pada orang lain, namun jika ia tidak puas, ia cenderung akan menyampaikan kekecewaannya secara terbuka maupun kepada orang-orang terdekat. Jadi, pastikan Sobat selalu mengusahakan tercapainya pengalaman belanja yang mengesankan untuk membuat pelanggan menjadi loyal.

Jaga selalu kualitas

Konsistensi kualitas adalah kunci dari bisnis yang bertahan lama. Jika Sobat ingin bisnis bertahan dan memiliki pelanggan loyal, pastikan Sobat mematenkan standar kualitas, atau bahkan terus meningkatkannya. Konsumen adalah raja sehingga jika ia merasa kecewa pada kualitas produk Sobat, akan dengan sangat mudah ia berpindah ke produk yang lain. Jadi, jangan sampai Sobat menurunkan kualitas dengan alasan apapun, ya.

Beri harga khusus

Siapa yang tidak suka mendapatkan potongan harga? Untuk membuat pelanggan loyal dan selalu kembali pada produk Sobat, memberi harga khusus pada langganan akan menjadi pendekatan yang jitu. Sobat bisa memberikan potongan harga tertentu dengan sistem member atau diskon untuk pembelian selanjutnya. Selain lebih personal, pemberian harga khusus bagi pelanggan yang melakukan order berulang akan menjaga kesetiannya pada produk Sobat.

Survey kepuasan

Jangan pernah puas dengan pencapaian bisnis Sobat. Hal yang Sobat rasa sudah baik belum tentu dirasakan baik pula oleh pelanggan. Maka dari itu, penting untuk secara berkala melakukan survei kepuasan pelanggan agar Sobat tahu keinginan dan harapan pelanggan pada produk Sobat ke depannya. Masukan dari pelanggan akan sangat berguna bagi bisnis Sobat untuk terus maju dan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Nah, jadi itu dia Sobat lima cara untuk membuat pelanggan loyal pada bisnis Sobat. Jangan anggap remeh lima hal ini karena jika Sobat bisa benar-benar melakukannya, bukan tidak mungkin pelanggan akan terus loyal dan tak mau berpindah ke lain hati karena sudah cocok dan puas dengan produk dan pelayanan dari Sobat. Ada banyak tips dan trik lainnya yang bisa Sobat baca dalam mengembangkan bisnis. Penasaran? Baca di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya