5 Cara Mendapatkan Pelanggan Pertama dari Bisnis Online

6 November 2020 • By Indah

Sobat baru memulai bisnis online dan ingin segera mendapatkan pembeli? Ada berbagai tips mendapatkan pembeli pertama bisnis online yang bisa Sobat ikuti lho. Beberapa cara ini mungkin terdengar biasa saja, namun sudah banyak yang membuktikannya. Asal Sobat mau memahami benar cara kerjanya, maka Sobat bisa mulai menerapkan 5 cara mendapatkan pelanggan pertama dalam bisnis online yang baru Sobat mulai.

cara mendapatkan pelanggan
5 Cara mendapatkan pelanggan pertama. (Foto: Freepik)

Berbagai tips ini termasuk sederhana dan nggak susah diikuti bahkan oleh Sobat yang baru pertama kali membuka bisnis sendiri. Semuanya bisa Sobat lakukan dengan mudah dan tanpa modal besar. Jadi jangan malas membacanya sampai tuntas karena pasti Sobat pun bisa melakukan tips in. Simak di bawah ini penjelasan lengkapnya:

5 Cara Mendapatkan Pelanggan Pertama

Membuat pembukaan bisnis yang menarik

Pernahkah Sobat melihat produk atau bisnis yang laku keras bahkan sebelum mulai dibuka? Hal ini tentunya merupakan keberhasilan strategi marketing pra-opening yang mampu memperkenalkan sebuah bisnis beserta produknya, jauh-jauh hari sebelum bisnis dibuka. Sobat bisa mengikuti kesuksesan ini dengan melakukan hal yang sama, tentu setelah disesuaikan dengan sumber daya yang Sobat miliki.

Beri potongan harga

Untuk bisnis yang baru dibuka, fokuslah pada pengenalan produk dan bukan pada keuntungan semata. Sangat penting bagi Sobat untuk memberikan promosi di awal pembukaan bisnis agar pembeli tertarik untuk mencoba produk yang Sobat jual. Maka dari itu, berikanlah potongan harga yang menarik untung mendatangkan pelanggan pertamamu.

Promosi terus menerus

Memperkenalkan produk pada khalayak bukanlah hal yang bisa dicapai hanya dalam hitungan jam atau hari. Karenanya, Sobat harus getol untuk terus mempromosikan bisnis Sobat baik secara online maupun offline. Konsistensi adalah kunci sehingga Sobat harus tetap semangat mempromosikan bisnis sendiri walau mungkin hasilnya belum lekas bisa dinikmati. Semakin Sobat konsisten promosi, semakin besar kemungkinan produk Sobat dilirik dan mendapat pelangan pertama.

Kirim sample produk

Tidak hanya terbatas pada penyebaran informasi saja, Sobat bisa mendatangkan pembeli pertama dengan cara lainnya yakni dengan mengirim sample produk Sobat kepada target calon pembeli. Dengan memberikan tester secara cuma-cuma, jika orang tersebut suka dan cocok dengan produk Sobat, maka ia tidak akan segan membelinya.

Mengandalkan relasi

Inilah pentingnya relasi dalam bisnis. Dalam memulai bisnis baru, Sobat bisa mengandalkan relasi mulai dari teman hingga saudara untuk menjadi pelanggan pertama Sobat. Untuk itu, jangan pernah malu atau sungkan untuk menawarkan produk Sobat pada kerabat yang Sobat miliki. Apapun motivasinya entah itu untuk mendukung Sobat atau memang tertarik pada produknya, yang terpenting adalah produk Sobat akan bisa laku dan mendapatkan pelanggan pertama.

Jasa influencer

Jika Sobat memiliki dana lebih untuk promosi, Sobat bisa mempertimbangkan jasa influencer untuk memperkenalkan produk Sobat ke pasar. Sobat tidak perlu menggunakan influencer dengan biaya jasa mahal, yang terpenting pas dan tepat sesuai dengan prodok yang akan dipromosikan. Untuk tips memilih jasa influencer terbaik bagi bisnis, Sobat bisa membaca di sini. Influencer yang tepat sasaran akan sangat membantu Sobat mendatangkan pelanggan-pelanggan baru.

Wahh, ternyata ada banyak cara bagi Sobat untuk mendapatkan pelanggan pertama ya. Kira-kira Sobat tertarik melakukan yang mana dulu, nih? Manapun yang Sobat pilih untuk lakukan duluan, semoga sukses dengan bisnis barunya ya. Sobat juga bisa menemukan banyak tips menarik terkait bisnis di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya