Sobat yang memiliki bisnis tentu memahami betul apa arti kepuasan pelanggan. Sebagai pengusaha, kepuasan pelanggan adalah hal wajib yang harus dicapai dan dipertahankan. Membuat satu pelanggan puas mungkin hal yang mudah, namun mempertahankannya untuk banyak pelanggan bisa jadi masalah dalam sebuah manajemen bisnis. Ada berbagai cara membuat pelanggan puas yang harus dicari, diterapkan, dan dievaluasi.

Sebab, walau kita punya produk yang bagus, namun jika pelanggan merasa kurang puas dengan hal lainnya, bisa jadi pelanggan tersebut akan beralih untuk mendapatkan pengalaman terbaik baginya dalam berbelanja. Maka dari itu, ada beberapa hal yang wajib selalu Sobat pegang untuk menjaga kepuasan pelanggan. Berikut beberapa cara untuk membuat pelanggan puas dalam bisnis Sobat:
Cara Membuat Pelanggan Puas
Daftar isi
Kualitas produk yang konsisten
Salah satu hal terpenting dalam menjaga kepuasan pelanggan adalah menjaga konsistensi kualitas, apapun produk yang Sobat tawarkan. Pelanggan bisa bertransaksi pertama kali karena melihat iklan atau karena memanfaatkan promo. Jika ia mendapai kualitas yang baik maka kemungkinan besar ia akan kembali pada Sobat. Namun apa jadinya jika kualitas produk Sobat justru menurun, mungkin pelanggan tersebut tidak akan kembali untuk yang ketiga kalinya.
Pengalaman belanja yang menyenangkan
Bayangkan Sobat berbelanja di toko yang kotor, berantakan dan gelap dibandingkan dengan belanja di toko yang bersih, rapi dan terang. Tentu pengalaman berbelanjanya akan lebih menyenangkan di toko yang bersih. Pengalaman berbelanja atau bertransaksi yang menyenangkan, akan membuat kepuasan pelanggan cenderung lebih tinggi karena nyaman bertransaksi di tempat Sobat. Tidak hanya berlaku di bisnis offline, bisnis online pun harus mengutamakan kenyamanan pelanggan dalam bertransaksi. Pastikan Sobat menyediakan platform untuk pelanggan dapat bertransaksi secara nyaman di toko online Sobat.
Kemudahan transaksi
Sobat punya produk bagus dengan platform canggih tapi justru membuat konsumen sulit untuk bertransaksi. Waduh, kalau begini, konsumen yang sudah tertarik ingin membeli bisa jadi batal karena prosedur yang menyusahkan. Maka dari itu, pastikan Sobat selalu mengutamakan kepentingan konsumen dalam penentuan prosedur transaksi agar tetap aman bagi Sobat, tapi juga nyaman bagi konsumen. Kemudahan transaksi bisa membuat kepuasan pelanggan meningkat pada Sobat.
Pelayanan yang ramah
Salah satu hal yang membuat konsumen betah dan menjadi langganan pada sebuah bisnis adalah pelayanan yang ramah. Semua orang tentu ingin merasa dihargai dan dilayani dengan baik. Sebuah bisnis yang bagus, bisa hancur karena tidak mengutamakan pelayanan pada pelanggannya. Maka dari itu, apapun yang menimpa Sobat, utamakan bersikap baik dan ramah pada pelanggan yang datang agar merasa senang dan dihargai saat bertransaksi bersama Sobat.
Buat pelanggan merasa spesial
Satu cara lain yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan membuat pelanggan merasa spesial. Misalnya, Sobat bisa memberikan diskon khusus kepada pelanggan yang belanja lima kali berturut-turut. Atau, Sobat bisa memberikan layanan tambahan yang lebih personal seperti memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada pelanggan terdaftar dan memberikan diskon khusus. Hal ini dapat membuat pelanggan merasa diistimewakan dan makin puas pada bisnis Sobat.
Lima cara membuat pelanggan puas ini bisa Sobat terapkan untuk perkembangan bisnis yang lebih baik ke depan. Usahakan untuk terus melakukan evaluasi terhadap kinerja dari berbagai aspek dalam bisnis Sobat agar Sobat bisa terus memberikan pelayanan terbaik dan menjaga kepuasan pelanggan dari waktu ke waktu. Ingin tahu tips menarik seputar bisnis lainnya? Klik di sini.