5 Jenis Iklan Online yang Tokcer untuk Promosi Bisnis

17 September 2020 • By Indah

Saat ini dunia bisnis makin bergerak ke arah digital. Tidak hanya para pebisnis yang mulai melakukan go-online, masyarakat pun sudah mulai terbiasa melakukan belanja secara online. Hal ini membuat para pelaku usaha harus pandai menyesuaikan diri agar bisnis tetap bisa sukses di era internet ini. Cara-cara baru pun diperlukan dalam mempromosikan bisnis. Untuk itu, ada 5 jenis iklan online yang saat ini sangat ampuh digunakan untuk promosi bisnis.

Iklan online ampuh untuk bisnis. (Foto: Freepik)

Jika Sobat juga merupakan pelaku bisnis, maka Sobat wajib mengetahui 5 jenis iklan online ini. Dengan memanfaatkan berbagai jenis iklan online ini, Sobat bisa mempromosikan bisnis dengan lebih efektif dan efisien. Simak penjelasannya di bawah ini:

5 Jenis Iklan Online yang Tokcer untuk Bisnis

Paid search

Iklan online pertama yang sangat ampuh saat ini adalah paid search di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. Dengan membayar biaya iklan, website bisnis Sobat akan mendapatkan tempat teratas di laman pencarian. Jadi, jika seseorang mencari toko dengan kata kunci tertentu melalui mesin pencari, maka dengan mudah akan menemukan toko online Sobat. Cara beriklan ini tentunya akan merimbas positif kepada bisnis Sobat karena menurut Google, sebanyak 84 persen konsumen akan mencari produk di Google sebelum membelinya. Maka dari itu, paid search menjadi iklan online yang efektif untuk promosi usaha.

Paid social media

Tidak hanya mesin pencari, media sosial seperti Instagram, Facebook dan Youtube juga menyediakan layanan iklan. Iklan berbayar di media sosial ini bisa Sobat sesuaikan sesuai dengan dana, tujuan serta target pasar Sobat. Sobat bisa memilih kepada siapa iklan Sobat akan ditampilkan. Biayanya pun berbeda-beda sesuai tujuannya. Sobat bisa mengarahkan iklan untuk memperluas wawasan mengenai produk, memasang iklan untuk mengarahkan pemirsa ke website, hingga iklan pembelian.

Email marketing

Sobat sering mendapati email marketing di kotak masuk email? Bagi sebagian orang, hal ini dirasa cukup mengganggu. Namun, bagi pebisnis, menggunakan email marketing masih menjadi cara ampuh untuk mempromosikan bisnis. Email marketing dapat Sobat pertimbangkan untuk promosi karena biayanya yang cukup murah, tapi efektivitasnya yang tinggi. Bahkan menurut McKinsey and Company, email marketing justru 40 kali lebih efektif dibandingkan media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Remarketing

Selain menggunakan paid search, Sobat juga bisa menggunakan layanan remarketing. Google Remarketing akan menunjukkan iklan online kepada orang-orang yang telah mengunjungi website atau aplikasi Anda. Saat seseorang mengunjungi website Sobat baik melakukan pembelian atau tidak, mereka akan kembali melihat iklan-iklan produk Sobat di berbagai situs lain seperti Youtube dan situs-situs lain yang bahkan tidak terkait dengan produk Sobat. Iklan semacam ini akan menimbulkan keinginan membeli dari calon pelanggan Sobat.

Video marketing

Iklan online lain yang sangat ampuh untuk bisnis Sobat adalah video marketing. Dilansir dari Vidyard, pada tahun 2017, 92 persen perusahaan menyatakan bahwa video sangat penting untuk content marketing. Beberapa konten video yang biasa digunakan untuk promosi adalah video produk, demo produk, video tutorial, vlog dan sebagainya. Iklan video ini bisa dipasang di berbagai website yang pada akhirnya akan menarik pelanggan untuk tahu dan tertarik pada produk Sobat.

Lima jenis iklan online ini bisa Sobat gunakan semua atau pilih salah satu yang menurut Sobat menarik. Tidak ada salahnya juga bila Sobat mencoba berbagai iklan online ini dan menemukan yang paling efektif untuk bisnis Sobat. Ingin tahu lebih lanjut soal tips bisnis yang ampuh untuk bisnismu? Yuk, baca di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks