Pentingnya Tahu Target Pasar untuk Kemajuan Bisnis

16 September 2020 • By Indah

Apakah Sobat pernah mendengat mengenai konsep ‘target pasar’? Dalam perkembangan bisnis, sangat penting untuk mengetahui target pasar, lho. Tapi, sebelum mengetahui pentingnya target pasar untuk kemajuan bisnis, alangkah lebih baiknya jika kita memahami dulu secara benar mengenai apa itu target pasar.

target pasar untuk bisnis
Pentingnya target pasar untuk bisnis. (Foto: Freepik)

Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik sama dari sisi kebiasaan, demografi, usia, geografi dan sebagainya yang menjadi target penjualan produkmu. Dengan kata lain, target pasar bisa disebut sebagai calon pembeli potensial yang harus mendapat prioritas informasi dan promosi dari bisnis Sobat. Selanjutnya, berikut manfaat mengetahui target pasar untuk kemajuan bisnis Sobat:

Manfaat Mengetahui Target Pasar untuk Kemajuan Bisnis

Menentukan persaingan

Hal pertama yang bisa Sobat lakukan jika Sobat sudah mengetahui target pasar adalah menentukan persaingan yang Sobat hadapi. Misalnya, Sobat berjualan sepatu dengan target pasar usia remaja, maka Sobat bisa memetakan bagaimana kondisi tren sepatu untuk usia tersebut serta bisa mengidentifikasi kompetitor Sobat. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi Sobat untuk menentukan langkah-langkah bisnis selanjutnya.

Menentukan bahasa penjualan

Dalam mempromosikan dan melayani pembeli tentu berbeda-beda antara satu dan yang lain. Misalnya saja, jika target pasar produk Sobat adalah Ibu Rumah Tangga, tentu Sobat bisa menggunakan gaya yang ramah dan dengan panggilan akrab “Bunda” atau “Mama”. Berbeda halnya jika target pasar produk Sobat adalah anak muda lelaki, tentu gaya bahasa penjualan bisa disesuaikan untuk lebih kasual dan menggunakan panggilan seperti “Bro”, “Gan” dan sebagainya.

Menyesuaikan konten penjualan

Berbeda target pasar, berbeda pula material konten penjualan yang dibutuhkan oleh bisnis Sobat. Sebagai contoh, Sobat membuka usaha barbershop dengan target pasar menengah ke atas, tentu Sobat harus menyediakan konten penjualan di media sosial dengan kesan yang keren, macho dan terkonsep dengan matang. Berbeda halnya jika Sobat membuka usaha salon wanita dengan target pasar menengah ke bawah, tentu material konten yang dibuat harus lebih ceria, penuh dengan tebaran diskon, promosi dan sebagainya.

Menentukan konsep promosi

Promosi yang ditujukan untuk anak SMA, mahasiswa dan karyawan tentu berbeda-beda. Sobat membutuhkan jenis promosi yang berbeda untuk pasar yang berbeda. Karenanya, sangat penting bagi Sobat untuk mengetahui target pasar Sobat sebelum melakukan promosi. Jangan sampai, promosi yang Sobat adakan tidak laku dan sepi peminat karena dilempar ke target pasar yang keliru.

Meningkatkan penjualan

Terakhir, jika Sobat mengetahui target pasar dengan tepat dan berhasil membuat promosi yang tepat pula, maka dengan sendirinya, penjualan Sobat akan meningkat pula. Jika selam ini Sobat sering melakukan promosi namun hasilnya masih tidak optimal, maka Sobat perlu waspada, nih! Siapa tahu selama ini Sobat salah menentukan target pasar. Karena, dengan menerapkan strategi promosi ke target yang salah, sama halnya dengan menggarami lautan, alias percuma Sobat.

Nah, sekarang Sobat sudah tahu manfaat mengetahui target pasar untuk kemajuan bisnis Sobat. Jika Sobat baru mengetahui mengenai pentingnya target pasar ini, jangan berkecil hati, Sobat. Terus berusaha dan terus belajar agar bisa mengelola bisnis dengan baik hingga bisa mencapai kesuksesan. Baca juga berbagai tips bisnis menarik lainnya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks