Mau Sukses? Ikuti 4 Fondasi Bisnis Menurut Erick Thohir

14 September 2020 • By Indah

Erick Thohir, pebisnis sukses yang menarik perhatian karena diangkat oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri BUMN, memiliki kisah kesuksesan yang layak disimak. Meski terlahir dari keluarga kaya, kesuksesan Erick saat ini juga tidak bisa terlepas dari jerih payahnya membangun bisnis. Dalam menuju kesuksesannya saat ini, Erick Thohir memegang beberapa fondasi penting yang baginya harus ada dalam sebuah bisnis.

fondasi bisnis erick thohir
Fondasi bisnis yang penting bagi Erick Thohir. (Foto: inter.it)

Berawal dari bisnis kuliner warisan ayahnya, Erick dengan kejeliannya melebarkan sayap membeli dan membentuk berbagai lini bisnis berbasis media baik televisi, radio maupun media online. Puncak kesuskesan yang membuat nama Erick Thohir mencuat ke publik adalah saat Ia membeli saham klub sepak bola, Inter Milan. Pada tahun 2013, Ia membeli 70% saham Inter Milan dari Massimo Moratti sehingga secara langsung menggantikan posisi Moratti sebagai Presiden Inter Milan.

Berbicara mengenai kesuksesannya, Erick menyebut ada empat hal yang wajib dimiliki pebisnis jika ingin sukses. Berikut 4 hal yang wajib dimiliki pengusaha menurut Erick Thohir:

4 Fondasi Bisnis bagi Erick Thohir

Passion

Menurut Erick Thohir, pondasi pertama yang harus dimiliki pebisnis adalah passion. Kesuksesan akan lebih mudah kita capai bila kita menekuni bidang yang kita sukai. Passion ini juga tidak melulu harus berpusat pada satu hal saja. Ercik Thohir mengakui menyukai media, hiburan dan olahraga. Karenanya, berbagai jenis bisnis Erick Thohir pun tidak terlepas jauh dari tiga bidang tersebut. Menurut Erick, akan sulit untuk mengembangkan bisnis secara maksimal bila secara pribadi kita tidak memiliki passion di bidang tersebut.

Fokus

Setelah passion, satu hal yang menurut Erick sangat penting dimiliki oleh seorang pengusaha adalah fokus. Sobat harus memusatkan perhatian terhadap bisnis dan usaha Sobat dan mencurahkan segenap waktu dan tenaga untuk membuka sebuah usaha. Karena tanpa fokus, seseorang cenderung mengerjakan banyak hal sekaligus hingga memikirkan hal yang tidak berguna. Biasakan untuk melakukan satu hal sampai selesai baru beralih ke hal berikutnya. Jika kehilangan fokus, justru akan makin dikit hal yang bisa diselesaikan.

Upgrade Kemampuan

Bagi Erick Thohir, sangat penting bagi seorang pengusaha untuk terus mengembangkan kemampuannya. Jangan pernah puas dengan pencapaian-pencapaian saat ini dan terus perluas targetmu. Seorang pengusaha sejati tidak pernah kehilangan antusiasme dalam mempelajari sebuah hal. Sebab, orang yang sudah merasa pandai dan tahu segalanya, justru akan terputus dari kesempatan akan pengetahuan-pengetahuan baru. Kesombongan ini yang bisa membuat seorang pebisnis kehilangan kemampuan untuk melebarkan bisnis lebih jauh lagi.

Jaringan (Network)

Pondasi terakhir yang sangat penting pagi seseorang dalam menjadi pengusaha adalah adanya jaringan pertemanan yang luas. Persaingan bisnis baru yang akhir-akhir ini semakin berkembang, membuat bentuan dari jaringan pertemanan menjadi sangat berpengaruh. Karena itu, bertemanlah seluas-luasnya dan miliki relasi sebanyak-banyaknya. Karena, tidak jarang juga kolaborasi dengan relasi lah yang bisa membuka kesempatan bisnis untuk berkembang lebih besar lagi.

Empat pondasi bisnis ini yang menjadi pegangan Erick Thohir dalam mengembangkan usahanya. Sudahkah Sobat menerapkannya dalam memulai usaha? Untuk tahu tips bisnis yang penting dan berguna lainnya, yuk baca di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks