5 Nasihat Bisnis Pengusaha Nyentrik Bob Sadino

11 September 2020 • By Indah

Bicara mengenai sosok pebisnis Indonesia yang menginspirasi, rasanya tidak akan terlepas dari almarhum Bob Sadino. Meski telah tiada, namun pengusaha yang dikenal nyentrik ini masih terus menginspirasi banyak orang dalam berbisnis. Semasa hidup, Bob Sadino memang dikenal tidak pelit berbagi ilmu. Bob sangat mendukung orang untuk mulai berbisnis dan tidak sungkan membagi nasihat agar sukses bisnis ala Bob Sadino.

Nasihat bisnis Bob Sadino
Nasihat bisnis Bob Sadino. (Foto: Cermati)

Nasihat dari Bob Sadino tentu tidak sembarangan. Sebab, Bob telah membuktikan kesuksesan membangun berbagai bisnis seperti KemFood, KemFarm, The Mansion Kemang dan sebagainya. Nasihatnya pun bisa diikuti siapa saja karena Bob Sadino membangun kerajaan bisnisnya dari nol, Sobat. Yuk, kita sama-sama pelajari nasihat bisnis dari Bob Sadino ini:

Nasihat Bisnis dari Bob Sadino

Berani mimpi besar

Satu hal paling awal yang harus dimiliki jika Sobat ingin mencapai kesuksesan dalam bisnis adalah keberanian untuk bermimpi besar. Bob Sadino menyadari bahwa impian yang besar adalah sebuah kekuatan dan niat kokoh yang menjadi penopang dan semangat dalam menjalankan bisnis. Tanpa mimpi yang besar, orang cenderung akan menjalani kehidupan apa adanya tanpa keinginan berjuang untuk menjadi lebih baik dan lebih besar lagi.

Jangan kebanyakan mikir

Salah satu nasihat yang sering disampaikan Bob Sadino secara ceplas-ceplos adalah jangan terlalu banyak mikir jika ingin memulai dan menjalankan bisnis. Lebih lanjut, Bob Sadino kerap menyinggung beda orang pintar adalah kebanyakan mikir sedangkan orang bodoh tidak banyak mikir dan mau langsung eksekusi bisnisnya. Bob Sadino memang kerap menyebut dirinya orang bodoh yang berani berbisnis.

Berani mulai

Salah satu ucapan terkenal Bob Sadino saat ditanya mengenai bisnis apa yang bagus, Bob menjawab “Bisnis yang bagus adalah yang dilakukan bukan yang ditanyakan terus”. Jawaban pedas dan nyentrik ini mungkin terasa menampar bagi sebagian orang yang sudah lama ingin berbisnis namun hanya berputar pada menentukan bisnis yang bagus tanpa benar-benar memulainya. Maka dari itu, inti dari bisnis adalah berani mulai dan menjalankannya.

Sukses instan justru tidak baik

Jika Sobat ingin bisnis yang dimulai lekas sukses dalam waktu singkat, Bob Sadino justru melarang hal tersebut. Menurut Bob, sesuatu yang naik dalam waktu singkat akan bisa jatuh dan hancur dalam sekejap pula. Bisnis membutuhkan pondasi yang kokoh agar bisa bertahan menghadapi semua hantaman dan tantangan yang pasti akan terus ditemui. Untuk membangun pondasi yang kuat itu, dibutuhkaan proses yang sebaiknya dilakukan dalam waktu yang sewajarnya.

Jangan takut rugi

Jika pebisnis pada umumnya takut rugi, Bob Sadino justru pernah mengatakan bahwa ia bisnis cari rugi bukan cari untung. Menurut Bob, jika mendapat untung, hanya uang yang ia dapat. Namun jika ia mendapat rugi, ia akan belajar hal baru, mencari solusi akan sebuah masalah baru yang ditemui dan dengan demikian, ilmu dan pemahamannya mengenai bisnis akan kian bertambah. Maka dari itu, dalam menjalankan bisnis, mengalami rugi adalah hal biasa dan jadikan itu sebagai pelajaran untuk langkah ke depan.

Gimana, Sobat? Nasihat dari Bob Sadino soal membangung bisnis sukses ini menginspirasi banget kan? Yuk, ikuti terus berbagai artikel menarik mengenai bisnis, inspirasi dan keuangan di blog Unitedpay.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks