Perhatikan 5 Hal ini saat Ambil Cicilan tanpa Kartu Kredit

9 September 2020 • By Indah

Ingin beli barang dengan cara mencicil? Untuk Sobat yang memiliki kartu kredit, tentu lebih mudah karena bisa mengambil pilihan pembayaran dengan cicilan 0% yang banyak tersedia di marketplace. Sedangkan bagi Sobat yang tidak memiliki kartu kredit, mungkin mempertimbangkan untuk mengambil layanan cicilan yang tersedia. Jika demikian, Sobat harus teliti jika ingin ambil cicilan tanpa kartu kredit, ya.

Cicilan tanpa kartu kredit
Cicilan tanpa kartu kredit. (Foto: Freepik)

Ada beberapa hal penting yang wajib Sobat perhatikan sebelum mengambil layanan pembayaran cicilan. Jika tidak hati-hati, Sobat bisa salah pilih platform dan bisa terjebak pada bunga yang terlalu besar. Yuk, simak 5 hal penting yang perlu dipertimbangkan saat ingin ambil cicilan tanpa kartu kredit.

Perhatikan Hal Ini saat Ambil Cicilan tanpa Kartu Kredit

Kredibilitas Penyedia

Hal pertama yang harus Sobat perhatikan adalah kredibilitas penyedia layanan cicilan. Penyedia layanan cicilan ini bisa berupa marketplace, aplikasi dan platform finansial tertentu lainnya. Sobat haru memastikan pihak penawar kredit adalah badan legal yang memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semakin terkenal penyedia kredit yang Sobat pilih, akan semakin baik dan terjamin. Ingat untuk jangan menggunakan jasa perkreditan abal-abal ya, Sobat.

Suku bunga

Hal kedua yang wajib menjadi pertimbangan bagi Sobat, tentu adalah suku bunga. Berbeda dengan kartu kredit dimana Sobat bisa menikmati cicilan dengan bunga 0%, Sobat biasanya akan dikenai sejumlah bunga bila menggunakan jasa layanan kredit dari pihak ketiga. Untuk itu, Sobat harus hitung dan pahami betul jumlah total yang harus Sobat bayarkan. Jika terlalu besar bunganya, maka lebih baik Sobat mempertimbangkan ulang untuk memakai layanan cicilan tersebut dan mencari alternatif lain.

Sistem kredit

Jika sudah paham mengenai suku bunganya, selanjutnya Sobat bisa mencari tahu mengenai sistem kredit yang ditawarkan layanan tersebut. Simak bagaimana cara pendaftaran, pengisian formulir, pengumpulan berkas dan lain-lain. Semakin baik sebuah layanan, maka informasi yang diberikan akan semakin jelas sehingga akan makin mudah bagi Sobat untuk mengikuti langkah-langkahnya. Jika ada salah satu prosedur yang bagi Sobat mencurigakan, maka Sobat harus waspada dan mencari tahu lebih lanjut.

Gunakan platform yang jelas

Saat ini, beberapa penyedia layanan cicilan sudah memiliki aplikasi dan website yang terhubung dengan marketplace tertentu. Untuk memudahkan proses pembelian barang dengan cicilan tanpa kartu kredit, sebaiknya Sobat memilih layanan yang sudah memiliki aplikasi, website atau sudah bekerja sama dengan marketplace yang Sobat tuju. Dengan memilih platform yang praktis, tentu akan makin mudah pula bagi Sobat untuk mengajukan cicilan.

Gunakan saat terdesak

Satu hal yang harus Sobat pegang erat-erat adalah prioritas Sobat dalam melakukan pembayaran cicilan. Jika Sobat ingin membayar dengan mencicil, bisa disimpulkan bahwa Sobat tidak memiliki cukup uang untuk membayarnya secara tunai. Untuk itu, Sobat harus bertanya kembali, apakah barang yang Sobat ingin beli benar-benar Sobat butuhkan secepatnya sehingga harus mencicil? Jika tidak, jangan turuti hawa nafsu dan alokasikan dana untuk hal lain yang lebih penting.

Itu dia 5 hal yang wajib Sobat perhatikan saat akan ambil cicilan tanpa kartu kredit. Tentunya, Sobat bisa menggunakan tips ini agar tidak salah pilih layanan cicilan pembayaran, ya. Untuk tips keuangan menarik lainnya, Sobat bisa baca di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks