Bisnis Lebih Maju dengan Menerapkan Analisis SWOT

8 September 2020 • By Indah

Apakah Sobat memiliki dan menjalankan usaha sendiri? Kalau iya, apakah Sobat sudah menjalankan analisis SWOT? Kalau belum, Sobat harus memulainya sekarang juga, karena analisis SWOT ini adalah sebuah alat bisnis penting yang harus dimiliki oleh semua pemilik bisnis, termasuk usaha kecil atau bisnis rumahan.

Analisis SWOT bisnis
Analisis SWOT untuk kemajuan bisnis. (Foto: Freepik)

Tapi sebelum memulai menerapkan analisis SWOT, apakah Sobat sudah benar-benar memahami teknik lawas namun efektif untuk bisnis ini? Jika belum, yuk pahami lebih mendalam mengenai analisis SWOT.

Analisis SWOT untuk Bisnis

SWOT merupakan singkatan dari Strengths (kelebihan atau kekuatan), Weaknesses (kelemahan) Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Dalam melakukan analisis SWOT, Sobat perlu membuat empat kotak atau area yang terbagi ke dalam dua baris (dua area untuk masing-masing baris).

Kelebihan dan kelemahan berfokus pada pandangan ke dalam bisnis Sobat tentang apa yang bisa bisnis lakukan dan apa yang tidak. Sementara itu, peluang dan ancaman bersifat eksternal, yang berarti datang dari lingkungan. Untuk lebih jelasnya, berikut penjabaran mengenai SWOT:

Strengths (Kekuatan)

Pertimbangkan apa kelebihan yang Sobat bisnis miliki – lebih bagus lagi kalau kelebihan tersebut adalah karakteristik yang membedakan bisnis Sobat dari para pesaing. Selain itu, pertimbangkan juga kelebihan bisnis Sobat dari sudut pandang pelanggan, seperti bisnis Sobat yang melayani pembayaran COD, sementara kebanyakan pesaing belum menawarkan metode pembayaran ini.

Weaknesses (Kelemahan)

Berkebalikan dengan strengths, Sobat harus mencari dan menemukan weakness atau kelemahan dari bisnis Sobat sendiri. Sobat bisa menemukannya dengan mengamati langsung atau dengan meminta masukan dari orang-orang sekitar. Sobat juga bisa meminta kritik dari para konsumen untuk lebih bisa merumuskan kelemahan Sobat dengan tepat sesuai kondisi sebenarnya.

Opportunities (Peluang)

Tak diragukan lagi bahwa usaha kecil pun dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti iklim politik, perkembangan teknologi, faktor budaya, dan sebagainya. Nah, Sobat bisa identifikasi apa peluang yang bisnis Sobat miliki berdasarkan faktor-faktor tersebut. Atau, Sobat bisa berkaca pada kelebihan bisnis dan bagaimana keunggulan tersebut bisa membuka pintu peluang.

Threats (Ancaman)

Yang termasuk ke dalam komponen ancaman bagi bisnis Sobat bisa termasuk lokasi usaha, eksklusivitas produk yang dijual, ketebatasan sumber daya, biaya produksi yang tinggi, atau jenis produk yang mirip dengan produk pesaing. Pada dasarnya, apa hal yang dapat menghalangi kemajuan bisnis Sobat dari luar. Kompetitor yang memiliki bidang usaha sama, juga bisa digolongkan sebagai ancaman yang mampu menghalangi perkembangan usaha, Sobat.

Untuk Sobat pemilik usaha kecil, analisis SWOT jadi senjata penting karena analisis ini sangat mudah dipahami dan digunakan. Selain itu, analisis pun bisa memandu Sobat untuk memahami analisis lainnya yang lebih rumit untuk bantu susun perencanaan bisnis dan ambil keputusan.

Tentunya, Sobat tidak akan bisa mengetahui seberapa bermanfaatnya analisis ini kalau tidak diterapkan, bukan? Coba lakukan sendiri analisis SWOT sederhana, atau analisis bersama-sama dengan tim atau karyawan Sobat sekarang juga untuk mengetahui kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancaman bisnis Sobat!

Untuk tips bisnis menarik lainnya, Sobat bisa temukan di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks