Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 Dibuka

15 August 2020 • By Indah

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 5 kembali dibuka meski sebelumnya sempat menuai kontroversi. Program yang dijalankan oleh pemerintah untuk membantu para pencari kerja ini telah sampai pada gelombang kelima setelah pendaftaran gelombang keempat ditutup pada Rabu, 12 Agustus 2020 lalu. Tidak berbeda dengan gelombang keempat, gelombang 5 pendaftaran kartu prakerja menampung sebanyak 800.000 perserta.

Pendaftaran prakerja gelombang 5
Pendaftaran kartu prakerja gelombang 5 sudah dibuka. (Foto: Tirto.id)

Dilansir dari Kompas, Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menyampaikan bahwa pendaftaran kartu prakerja gelombang 5 dibuka pada Sabtu, 15 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB. Para pendaftar yang belum lolos pada pendaftaran di gelombang 4, bisa mendaftar kembali di gelombang 5 ini.

Perlu diketahui bahwa peminat program kartu prakerja ini sangat besar, lho, Sobat. Pada gelombang 4 lalu, peserta yang mendaftar mencapai 1.2 juta orang. Sementara itu, kuota yang tersedia hanya 800.000 peserta sehingga sebanyak 400.000 orang harus mencoba kembali di gelombang selanjutnya, yakni gelombang 5 ini.

Tingginya minat masyarakat terhadap program kartu prakerja tidak hanya karena pelatihan yang akan diterima sebagai persiapan untuk mendapatkan pekerjaan baru atau membuka usaha, melainkan juga insentif yang diberikan setelah peserta menyelesaikan semua kelas. Setiap peserta dianggarkan mendapatkan insentif berupa uang maupun biaya pembayaran kelas sebesar total Rp 3.550.000. Dari jumlah tersebut Rp 1 juta disalurkan untuk membayar pelatihan, kemudian selama empat bulan, peserta akan mendapatkan Rp 600.000 sebagai insentif pascapelatihan sehingga total uang yang diterima oleh peserta kartu prakerja adalah Rp 2,4 juta ditambah Rp 150.000 sebagai insentif survei.

Adapun rinciaannya, Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, Rp 600.000 per orang per bulan untuk insentif pasca pelatihan, yang akan diberikan selama empat bulan atau totalnya mencapai Rp 2,4 juta. Sedangkan sisanya sebesar Rp 150.000 merupakan insentif survei.

Pemerintah telah menganggarkan lebih dari 20 triliun untuk program ini dengan target peserta sebesar 5,6 juta jiwa. Syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar kartu prakerja ini juga tidak sulit, Sobat. Sobat hanya harus berusia di atas 18 tahun, berstatus sebagai WNI dan tidak sedang menempuh pendidikan formal. Untuk cara lengkap panduan pendaftaran kartu prakerja gelombang 5, Sobat bisa membacanya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks