Cara Lengkap Dapatkan Bantuan 600 Ribu untuk Pekerja

12 August 2020 • By Indah

Beberapa waktu terakhir, masyarakat heboh dengan pemberitaan pengadaan bantuan 600 ribu rupiah untuk pekerja dengan gaji di bawah lima juta rupiah. Bantuan ini merupakan program lintas badan yang diampu oleh Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bersama Kemenaker, Kemenkeu dan BPJS Ketenagakerjaan. Jika sesuai target, program akan mulai berjalan pada September 2020. Banyak orang lantas penasaran mengenai cara dapatkan bantuan sebesar 600 ribu untuk pegawai ini.

bantuan 600 ribu pegawai
Ilustrasi bantuan 600 ribu untuk pegawai. (Foto: Freepik)

Sobat yang merasa memiliki gaji di bawah lima juta rupiah per bulan, boleh saja ikut berharap mendapatkan bantuan ini. Namun, Sobat harus memahami dulu bahwa program ini merupakan apresiasi dari BPJS Ketenagakerjaan kepada perusahaan dan karyawan yang terdaftar dalam layanan BPJS Ketenagakerjaan dan rutin membayar iuran setidaknya sampai bulan Juni 2020.

Jika selama ini Sobat bekerja tanpa membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan, sesuai ketentuan, Sobat tidak bisa mendapatkan bantuan khusus pegawai ini. Lalu, apa saja syarat lengkap dan cara untuk dapatkan bantuan langsung tunai sebesar 600 ribu untuk pegawai ini. Dilansir dari Kompas.com, berikut beberapa poinnya.

Cara dapatkan bantuan 600 ribu untuk pekerja

  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan.
  2. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan.
  3. Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 5.000.000 sesuai upah yang dilaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Pekerja/Buruh penerima upah.
  5. Memiliki rekening bank yang aktif.
  6. Tidak termasuk dalam peserta penerima manfaat program Kartu Prakerja.
  7. Peserta yang terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2020.
  8. Bukan karyawan BUMN dan PNS.

Dari beberapa poin di atas, tentu Sobat bisa mengira-ngira apakah Sobat berhak mendapatkan bantuan langsung tunai untuk pegawai atau tidak. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pada video call conference pada Senin (10/08) bahwa pekerja yang akan mendapatkan bantuan kali ini tidak terbatas pada sektor formal saja, melainkan juga sektor non-formal. Namun, tetap saja syarat yang tidak bisa dilewatkan adalah kepesertaan pegawai atau karyawan dalam layanan BPJS Ketenagakerjaan yang biasanya dibayarkan oleh perusahaan.

Meski demikian, untuk para pekerja yang tidak mendapat bantuan kali ini, jangan berkecil hati. Sebab, di kesempatan yang sama, Sri Mulyani menyampaikan bahwa ada berbagai jenis bantuan lain yang akan disalurkan oleh pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan sembako.

“Nanti dapat PKH, sembako lalu plus 9 juta non PKH non sembako, plus BLT Desa, jumlahnya tadi 10 juta, 20 juta plus 9 juta, plus 11 juta di desa itu sudah ter-cover, dan plus 5,6 juta untuk Kartu Pra Kerja, totalnya sudah meliputi seluruh masyarakat hingga mendekati 60-70 juta kelompok penerimanya, kalau ditambah 13 juta kita berharap semua sudah tercover secara menyeluruh dari berbagai programnya,” ujar Sri Mulyani dalam penjelasannya mengenai berbagai program pemerintah untuk menyelamatkan perekonomian rakyat di masa pandemi Corona ini.

Itu dia, Sobat, penjelasan syarat dan cara dapatkan bantuan dana sebesar 600 ribu untuk para pekerja. Jika Sobat termasuk yang mendapatkannya, ingat untuk menggunakan uang tersebut dengan bijak, ya, Sobat. Jangan sampai, Sobat salah mengelola bantuan dari pemerintah ini. Biar lebih yakin cara mengelola dana bantuan dari pemerintah, baca tips keuangan paling baru di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks