Kakeibo, Cara Atur Uang ala Jepang yang Luar Biasa

29 July 2020 • By Indah

Apakah Sobat masih mencari cara atur uang yang cocok dan dijamin bisa bantu Sobat berhemat setiap bulan? Kalau iya, metode Kakeibo yang merupakan cara atur uang dari Jepang ini cocok untuk Sobat coba. Teknik ini sebenarnya sudah diterapkan masyarakat Negeri Sakura sejak dulu. Hanya saja, Kakeibo mendapatkan sorotan berkat buku Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money karya Fumiko Chiba, serta peran media sosial yang membuatnya dikenal makin luas.

cara atur uang Jepang
Kakeibo, cara atur uang ala Jepang. (Foto: Freepik)

Lalu, seperti apa ya cara atur uang ala masyarakat Jepang ini? Simak ulasannya berikut di bawah ini, yuk, Sobat!

Atur Pengeluaran dengan Cara Kakeibo

Dalam Kakeibo, Sobat mulai mengatur uang dengan mengatur pengeluaran ke dalam empat kategori, yaitu:

Pengeluaran Pokok

Yang termasuk ke dalam kategori ini adalah pengeluaran untuk kebutuhan pokok yang wajib dialokasikan. Contohnya uang makan, kontrak rumah atau bayar kos, dan biaya transportasi seperti uang bensin dan ongkos kendaraan umum.

Pengeluaran Penunjang

Untuk kategori ini, jenis pengeluaran yang dianggarkan adalah pengeluaran yang dirasa penting, namun tidak mendesak seperti pengeluaran pokok. Misalnya belanja baju atau pengeluaran untuk hiburan, seperti nonton di bioskop atau nongkrong.

Pengeluaran Hobi

Sobat pasti punya hobi, kan? Karena hobi juga sering butuh biaya, Sobat bisa anggarkan pengeluaran untuk hobi ke dalam kategori ini. Misalnya, Sobat yang hobi membaca bisa anggarkan dana untuk membeli buku atau novel baru.

Pengeluaran Ekstra

Selain ketiga kategori pengeluaran di atas, Sobat juga perlu alokasikan dana untuk pengeluaran ekstra. Dengan begitu, jika ada keperluan pengeluaran lainnya, Sobat punya dana yang bisa digunakan. Contohnya pengeluaran untuk kado pernikahan atau ulang tahun, biaya reparasi kendaraan, atau bahkan biaya berobat.

Disiplin Pisahkan Dana dan Catat Pengeluaran

Sekadar memisahkan pengeluaran ke dalam empat kategori saja tidak cukup. Sebab, kalau Sobat tetap menggunakannya secara sembarangan, pengeluaran pun jadi tetap tidak terkendali. Karena itu, Sobat tetap harus mengatur pengeluaran dengan disiplin dan cermat.

Kalau perlu, Sobat bisa pisahkan rekening untuk keempat jenis pengeluaran tersebut agar tidak tercampur. Jika cara ini tidak memungkinkan atau justru merepotkan Sobat, pisahkan rekeningnya sesuai kemampuan Sobat saja.

Selain itu, jangan lupa untuk teratur mencatat pengeluaran Sobat setiap hari. Dengan begitu, Sobat pun bisa mengetahui dengan pasti berapa jumlah dana yang tersisa untuk masing-masing kelompok pengeluaran yang sudah dianggarkan.

Nah, itulah Kakeibo, yaitu cara atur uang ala Jepang yang saat ini sedang populer. Sobat bisa coba mulai dari sekarang dan rasakan sendiri bagaimana cara ini bisa mengubah kebiasaan Sobat dalam mengeluarkan uang dari waktu ke waktu. Ingin baca tips mengatur keuangan menarik lainnya? Sobat bisa baca di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya