Waspada! Ini 5 Ciri Penipuan melalui WhatsApp

3 July 2020 • By Indah

Beberapa waktu terakhir, penipuan dengan memanfaatkan nomor ponsel kian marak terjadi. Salah satunya adalah dengan membajak nomor ponsel dan menggunakannya untuk berbagai upaya penipuan, salah satunya dengan menggunakannya untuk meminjam atau meminta sejumlah uang melalui WhatsApp. Banyak orang tertipu karena kurang waspada mengenai berbagai ciri penipuan melalui WhatsApp.

ciri penipuan whatsapp
Ciri penipuan melalui WhatsApp. (Foto: Freepik)

Agar Sobat terhindar dari penipuan melalui WhatsApp, Sobat harus selalu waspada dan curiga terhadap hal-hal tidak biasa yang menimpa Sobat, khususnya yang melibatkan transaksi keuangan. Berikut beberapa ciri penipuan via WhatsApp yang wajib Sobat waspadai:

5 Ciri penipuan via WhatsApp

Meminta kode OTP

One Time Password atau OTP adalah kode yang dikirim kepada pengguna untuk masuk ke akun tertentu. Karenanya, OTP bersifat sangat rahasia dan tidak boleh diberikan kepada siapapun. Jika Sobat mendapat pesan WhatsApp yang meminta kode OTP, Sobat harus hati-hati dan menolak atau cukup mengabaikannya. Ingat untuk tetap merahasiakan OTP Sobat dan tidak memberitahukannya kepada orang asing, ya, Sobat.

Tautan/link mencurigakan

Selain pesan yang mencurigakan untuk meminta kode OTP, hal yang harus Sobat waspadai adalah adanya pesan berisi link mencurigakan yang dikirimkan ke nomor WhatsApp Sobat. Jika Sobat mendapatkan pesan berisi tautan mencurigakan, apalagi dari nomor tidak dikenal, jangan sekali-sekali meng-klik tautan tersebut karena bisa jadi tautan tersebut berisi malware yang membahayakan akun Sobat.

Iming-iming hadiah

Salah satu modus penipuan melalui WhatsApp yang banyak terjadi adalah bermodus pemberian hadiah. Biasanya, penipu mengirimkan pesan berupa ucapan selamat bahwa Sobat memenangkan undian atau hadiah tertentu dan meminta Sobat melakukan berbagai langkah tertentu seperti mengirimkan data diri atau mentransfer sejumlah uang dengan dalih pajak hadiah dan sebagainya. Jika Sobat mengalami hal ini, tetap waspada dan jangan mudah terlena, ya, Sobat.

Menggunakan identitas teman

Salah satu modus penipuan WhatsApp lainnya adalah dengan berpura-pura menjadi kenalan dan meminjam sejumlah uang. Korban biasanya mudah tertipu karena mengira penipu adalah kenalan atau kerabatnya. Jika hal ini menimpa Sobat, pastikan nomor rekening dan nama rekening tujuan adalah nama kenalan Sobat tersebut. Atau, Sobat bisa mengkonfirmasinya melalui media komunikasi lainnya untuk memastikan bahwa orang tersebut benar-benar kenalan Sobat.

Itu dia beberapa ciri penipuan melalui WhatsApp yang banyak terjadi. Tetap waspada dan tingkatkan selalu keamanan akun WhatsApp Sobat agar tidak mudah terkena penipuan, ya! Baca juga banyak tips keuangan dan bisnis menarik lainnya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya

Download Aplikasinya