Tips Kelola Gaji Bulanan di Masa New Normal

25 June 2020 • By Indah

Pandemi Corona atau COVID-19 mengubah kehidupan banyak orang di dunia secara drastis hanya dalam waktu singkat. Masyarakat harus patuh pada berbagai aturan pemerintah masing-masing demi mempercepat berakhirnya wabah ini. Mulai dari lockdown, local lockdown, pembatasan sosial, karantina mandiri dan sebagainya menjadi istilah-istilah baru yang kini familiar bagi kita. Yang terbaru adalah aturan ‘new normal’ yang juga memengaruhi hidup semua orang, bahkan para karyawan. Lalu bagaimana, ya, tips kelola gaji sebagai karyawan di masa new normal ini?

kelola gaji new normal
Tips kelola gaji di masa new normal. (Foto: Shutterstock)

Sobat yang masih beruntung mendapatkan pendapatan tetap tiap bulan, wajib bersyukur dan berhati-hati, lho. Lakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan dengan baik sehingga gaji Sobat setiap bulannya dapat teralokasikan secara tepat, terutama di masa new normal ini. Berikut tips mengelola gaji di masa new normal:

Tips kelola gaji di masa new normal

Disiplin buat catatan keuangan

Jika selama ini Sobat malas melakukan catatan keuangan, sekarang adalah waktu terbaik untuk berubah. Sebab, di masa new normal ini, bisa dipastikan terjadi penyesuaian pengeluaran dan pendapat yang terjadi pada kehidupan Sobat. Maka dari itu, mulailah untuk mencatat dengan tertib setiap pemasukan dan pengeluaran Sobat agar gaji Sobat setiap bulannya bisa terlacak Sobat habiskan untuk apa saja. Dengan mengetahui catatan tersebut, Sobat akan lebih mudah untuk mengontrolnya.

Anggaran Prioritas

Dalam masa pandemi yang serba sulit ini, cobalah untuk menyusun anggaran prioritas, yakni pengeluaran-pengeluaran yang sangat penting dan tidak bisa dihindari. Membuat anggaran prioritas akan membuat Sobat jadi lebih waspada dalam mengalokasikan gaji yang didapat tiap bulan agar mampu memenuhi semua kebutuhan serta pos-pos anggaran yang telah Sobat buat.

Kendalikan penggunaan uang digital

Keberadaan uang digital, bagi sebagian orang bisa menyebabkan keborosan. Pasalnya, orang cenderung lebih mudah membayar secara cashless dan tidak menyadari bahwa uangnya di rekening terus menerus terkuras untuk mengisi ulang dompet digital. Di masa new normal ini, ada baiknya Sobat menggunakan dompet digital secara efektif dan efisien dan bukan malah terjebak pada godaan menjadi lebih boros dengan keberadaan para dompet digital ini.

Dana darurat

Salah satu pos yang harus Sobat prioritaskan dalam pengelolaan gaji bulanan adalah pengalokasian dana darurat secara disiplin. Sangat penting bagi Sobat untuk memiliki tabungan dana darurat dengan jumlah sebesar setidaknya tiga kali gaji Sobat, atau tiga kali biaya hidup dalam sebulan. Hal ini sebagai langkah antisipasi bilamana Sobat mendadak kehilangan pekerjaan, setidaknya Sobat bisa bertahan hidup selama tiga bulan dengan dana darurat tersebut.

Kurangi belanja online

Jika di hari-hari biasa Sobat sangat gemar belanja online, ada baiknya Sobat mulai mengurangi kebiasaan tersebut, terutama di masa new normal ini. Sebab, kita tidak pernah tahu apa yang akan menimpa kita besok, sehingga akan lebih baik hobi belanja Sobat ditunda dulu. Seperti sudah dijelaskan tadi, lebih baik fokus pada anggaran penting dan penyediaan dana darurat sehingga jika hal tersebut terjadi, setidaknya kita telah siap dengan dana darurat yang kita miliki.

Wah, tips kelola gajian di masa new normal ini akan bisa membuat kalian lebih hemat dan produktif, lho. Makanya, yuk, coba ikuti tips kelola gaji di masa new normal ini untuk kondisi keuangan yang lebih tertata. Baca juga tips keuangan dan bisnis lainnya di sini.

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks