5 Tips Menjalankan Bisnis tanpa Modal Besar

13 June 2020 • By Indah

Hampir setiap orang tampaknya memiliki mimpi untuk memulai bisnis sendiri. Akan tetapi, tidak seluruhnya bisa mewujudkan angan-angan tersebut. Tidak hanya persoalan keterbatasan waktu dan kemampuan, keterbatasan dana juga jadi hambatan tersebesar seseoarang dalam menunda memulai sebuah bisnis. Sobat yang ingin berbisnis dengan keterbatasan dana, ada beberapa tips yang bisa Sobat lakukan untuk menjalankan bisnis tanpa modal besar.

bisnis tanpa modal besar
Tips menjalankan bisnis tanpa modal besar. (Foto: Freepik)

Berbagai tips ini mungkin bisa berguna untuk mengoptimalkan sumber daya lain yang Sobat miliki, jika dalam hal modal, Sobat menemui keterbatasan. Yang penting, Sobat harus yakin dulu pada apa yang Sobat lakukan, sehingga hambatan apapun yang Sobat temui, bukan menjadi alasan yang lantas menghentikan langkah Sobat. Simak tips menjalankan bisnis tanpa modal besar di bawah ini:

Tips Menjalankan Bisnis tanpa Modal Besar

Manfaatkan keahlian pribadi

Jangan bayangkan bahwa bisnis hanyalah bisnis berdagang barang-barang fisik. Sebab, jika Sobat tidak memiliki modal besar, salah satu cara untuk memulai bisnis dengan modal minim adalah dengan menjalankan bisnis jasa dengan mengandalkan keahlian pribadi. Sobat bisa memulai memikirkan keahlian yang Sobat miliki seperti memotret, menulis, merias, atau menjadi presenter. Percaya dirilah dan terus asah keahlian Sobat, maka Sobat akan bisa memulai bisnis jasa dengan mengandalkan keahlian pribadi.

Bisnis dengan model dropship

Saat ini, bisnis model dropship sedang menjadi tren bagi mereka yang ingin memulai bisnis dengan modal minim. Sebab, dengan model bisnis ini, Sobat hanya perlu menghubungkan pelanggan dengan barang yang mereka cari. Dengan memanfaatkan keberadaan marketplace sebagai supplier barang dan sosial media sebagai saluran promosi, Sobat bisa menjual barang orang lain dan mendapatkan keuntungan tanpa harus mengeluarkan modal untuk membeli stok barang terlebih dahulu.

Menjadi makelar

Jangan anti dulu dengan kata ‘makelar’. Meski memiliki konotasi yang kurang keren, namun menjalankan bisnis makelar atau perantara bisa menjadi keuntungan yang bisa membuat Sobat sukses berbisnis meski dengan modal minim. Pada intinya, makelar adalah perantara antara penjual dan pembeli. Tidak terbatas pada barang saja, Sobat bisa menjadi perantara perdagangan barang maupun jasa. Dengan memanfaatkan jaringan, kemampuan promosi dan berbagai channel gratis yang bisa Sobat manfaatkan, Sobat akan bisa menjadi makelar yang sukses mendapatkan komisi dari penjual maupun pembeli yang berhasil melakukan transaksi karena ‘dijodohkan’ oleh Sobat.

Menjadi broker properti

Sobat tentu pernah mendengar mengenai bisnis properti. Bisnis properti adalah bisnis ‘basah’ yang memiliki potensi keuntungan besar. Jika Sobat adalah orang yang pandai bicara, memiliki kemampuan membujuk dan jaringan yang luas, maka tidak ada salahnya Sobat mulai menjalankan bisnis sebagai broker properti. Sobat bisa bekerja sama dengan pengembang perumahan dan menawarkan rumah kepada orang-orang yang Sobat anggap potensial. Komisi dari setiap transaksinya tergolong besar, lho, Sobat! Yakni bisa mencapai 10% dari harga rumah. Cukup menggiurkan, bukan?

Melakukan bisnis jasa pembayaran

Meski teknologi kini sudah sangat maju, faktanya tidak semua orang bisa memanfaatkannya dengan baik, lho, Sobat. Apalagi, orang-orang dalam kategori usia tertentu yang sudah sulit belajar memanfaatkan kemudahan teknologi. Hal ini adalah peluang bagi Sobat untuk menjalankan bisnis jasa pembayaran (PPOB) dan transaksi online lainnya. Sobat bisa melayani pembayaran bulanan seperti BPJS, cicilan kendaraan, asuransi dan lainnya. Bermodal aplikasi yang bisa Sobat download di Google Play Store, seperti Unitedpay, Sobat akan bisa menjalankan bisnis meski dengan modal minim.

Nah, gimana, Sobat? Ternyata nggak mustahil kan memulai bisnis dengan modal minim? Yang penting jangan takut dan yuk mulai dulu! Biar Sobat lebih semangat memulai dan menjalankan bisnis sendiri, baca tips bisnis menarik lainnya di sini, yuk!

Bagikan kepada sobat lainnya
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Download Aplikasinya sekarang

Enable Notifications.    Ok No thanks