Wabah COVID-19 yang dimulai dari Tiongkok pada Desember lalu, telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Wabah ini tidak hanya berpengaruh pada individu namun juga sebagian besar bisnis. Puluhan ribu orang telah dirumahkan dan entah berapa usaha yang harus gulung tikar. Sebagian pengusaha masih melanjutkan bisnisnya, namun sebagian lain menunggu pandemi ini mereda. Untuk bisa bertahan, penting bagi pengusaha untuk tahu strategi bisnis di masa pandemi Corona.
Sebab, tanpa melakukan penyesuaian, semua bisnis terancam jatuh di masa wabah ini. Untuk Sobat yang menjalankan bisnis dan masih terus berjalan di tengah pandemi COVID-19, Sobat tentu merasakan sendiri penurunan omset di tengah kondisi genting seperti saat ini. Untuk menyelamatkan penjualan, promosi yang strategis pun diperlukan agar tepat sasaran dan membuat semua orang melirik produk Sobat. Lalu, bagaimana strategi yang jitu untuk melakukan promosi di tengah pandemi seperti ini? Simak tipsnya berikut ini:
5 Strategi Memasarkan Bisnis di Masa COVID-19
Daftar isi
Kemas konten yang kontekstual
Dalam kondisi wabah ketika semua orang dianjurkan untuk beraktivitas di rumah. Sekolah dan kampus diliburkan, sementara banyak kantor memberlakukan sistem kerja dari rumah. Oleh karenanya, dalam mempromosikan konten bisnis kita, harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Sobat bisa memproduksi konten yang kontekstual dengan kondisi masa kini yakni dengan membawa sudut pandang kerja atau beraktivitas lain dari rumah.
Tunjukkan promosi keamanan dan kebersihan produk
Apapun produk yang Sobat jual, pastikan Sobat menunnjukkan bahwa produk Sobat menaruh perhatian besar dan mengutamakan kebersihan serta keamanan kedua belah pihak baik pembeli maupun penjual. Dalam kondisi penularan yang sangat mudah, orang menjadi lebih takut untuk belanja. Karena itu, bila Sobat bisa menunujukkan keunggulan produk Sobat dalam hal kebersihan tentu produk akan lebih laku karena membuat calon pembeli merasa yakin dan aman untuk membeli produk Sobat.
Promosi online dengan kata kunci yang tepat
Sobat yang biasa mempromosikan usaha lewat Instagram, tentu sudah memahami bahwa platform ini memiliki berbagai trik yang bisa Sobat optimalkan, salah satunya adalah dengan menggunakan hashtag. Hashtag yang tepat dapat membuat produk Sobat lebih banyak terlihat oleh pengguna Instagram sehingga peluang untuk tertarik juga lebih besar. Maka dari itu, penting menyusun caption yang mengandung berbagai suku kata dan kata yang ramai dicari orang. Dengan begitu, kemungkinan gambar promosi Sobat ditemukan orang akan menjadi lebih besarm,
Jangan hanya promosi, tunjukkan simpati
Dalam kondisi saat ini, kemanusiaan lah yang paling penting di atas semuanya, Sobat. Maka dari itu, tidak hanya megutamakan profit, Sobat bisa ikut mengajak para calon pembeli untuk berdonasi. Dengan persentase yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan, tentu calon pembeli akan lebih menghargai bisnis yang Sobat jalankan karena turut menunjukkan upaya demi kemanusiaan.
Tetap menjaga kualitas
Meski tidak merupakan sarana promosi yang langsung, namun menjaga kualitas produk dapat memberikan efek baik kepada bisnis Sobat ke depannya. Sebut saja respons yang ramah dan tanggap serta kualitas produk yang terjaga, akan membuat pembeli memberikan review positif atau malah merekomendasikan produk Sobat ke orang-orang di sekitarnya. Karena itu, sangat penting menjaga kualitas produk Sobat agar para pembeli mendapatkan kepuasan yang mereka harapkan.
Itu dia, Sobat, 5 strategi memasarkan bisnis yang bisa Sobat lakukan di masa pandemi Corona ini. Semoga Sobat selalu sehat dan bisnis Sobat juga tetap lancar, ya! Baca tips bisnis lainnya di sini.