Untuk meningkatkan produktivitas, ruang kerja yang nyaman memang sangat berpengaruh. Jika Sobat bekerja dalam suasana yang tidak kondusif, bisa-bisa Sobat merasa tidak nyaman dan hal itu dapat menghambat kinerja Sobat. Apalagi, saat ini banyak perusahaan yang sudah menerapkan sistem kerja work from home alias WFH untuk para pekerjanya. Jadi, tantangan untuk memiliki ruang kerja yang nyaman tentu menjadi lebih besar di masa WFH.
Untuk Sobat yang sedang WFH, baik dari rumah maupun kos, penting untuk mengatur tempat kerja agar tetap nyaman dan tidak mengganggu kinerja Sobat walau pekerjaan dilakukan dari tempat masing-masing. Lalu, apa saja hal yang bisa dilakukan untuk membuat ruang kerja nyaman saat WHF? Simak tipsnya di bawah ini.
5 tips membuat ruang kerja nyaman saat WFH
Daftar isi
Pastikan penerangannya baik
Salah satu hal yang sangat memengaruhi kinerja Sobat dalam bekerja adalah pencahayaan. Semakin baik tingkat pencahayaan, semakin baik mood Sobat untuk bekerja. Maka dari itu, bekerja di dalam kamar kos yang tertutup tanpa ada cahaya masuk sama sekali, tentu berbeda dengan bekerja di rumah dalam kondisi sirkulasi cahaya yang baik. Jika Sobat sering menutup jendela, inilah saatnya untuk membuka tirainya dan membiarkan cahaya matahari masuk. Jika kamar Sobat tidak dilengkapi saluran pencahayaan alami yang baik, pastikan Sobat memasang lampu dengan daya yang cukup agar tidak merasakan ngantuk karena pencahayaan redup.
Rapikan area kerja
Sebagian orang mengklaim tidak bisa rapi saat bekerja. Tidak masalah jika yang berserakan adalah file-file pekerjaan Sobat, namun sebisa mungkin, rapikan dan sterilkan area kerja dari barang-barang yang tidak relevan dengan pekerjaan seperti piring, sendok, dan sebagainya. Area kerja yang bersih dan rapi dengan file yang tersusun dengan baik, tentu akan membuat Sobat lebih produktif dibandingkan jika Sobat bekerja di tempat yang kotor dan berantakan.
Letakkan tumbuhan di dekat area kerja
Salah satu tips lain untuk membuat area kerja saat WFH menjadi lebih nyaman adalah dengan meletakkan tanaman. Tidak perlu tanaman berukuran besar, Sobat bisa memilih tanaman-tanaman kecil seperti kaktus untuk dipajang di dekat area kerja Sobat. Warna-warna segar dari tanaman, dapa merangsang otak untuk merasa nyaman dan memberikan energi positif sehingga bisa meningkatkan produktivitas Sobat dalam bekerja.
Gunakan bantal atau alas nyaman
Jika Sobat tidak memiliki meja kerja di kosan atau di rumah, Sobat bisa bekerja di lantai dengan meja kecil. Untuk membuatnya lebih nyaman, Sobat bisa menambahkan bantal duduk atau karpet agar tidak capai dalam posisi duduk di lantai terlalu lama. Sebab, duduk di lantai tanpa alas, selain tidak nyaman juga bisa berakibat buruk bagi sebagian orang seperti munculnya diare atau merasa tidak enak badan. Karenanya, jangan ragu untuk berinvestasi membeli karpet atau bantal duduk nyaman yang bisa membuat Sobat lebih nyaman bekerja saat WFH.
Pasang foto orang terkasih
Wajar jika saat bekerja semangat menurun dan produktivitas pun ikut menurun. Untuk mengatasi demotivasi atau semangat yang loyo ini, banyak orang memasajang foto keluarganya di meja kerja. Tidak harus pasangan, Sobat bisa memajang foto Ayah atau Ibu Sobat, atau orang lain yang bisa membuat Sobat bersemangat hanya dengan melihat fotonya. Tidak hanya memajang foto keluarga, Sobat juga boleh, lho, memajang foto idola Sobat agar Sobat merasa lebih bersemangat dan produktif selama bekerja.
Itu, dia, Sobat 5 cara untuk membuat area kerja nyaman saat WFH. Ruang kerja atau area kerja yang nyaman, tentu secara langsung memengaruhi produktivitas Sobat. Maka dari itu, yuk, terapkan 5 tips membuat ruang kerja yang nyaman saat WFF ini. Simak tips menarik lainnya di sini.